Tjahjo Kumolo: ASN Jangan Monoton dan Terjebak Zona Nyaman, Perlu Inovasi

Tjahjo Kumolo melaporkan langkah-langkah persiapan Kemenpan RB menyikapi arahan, visi misi dan skala prioritas pemerintah, kepada Maruf Amin

Tjahjo Kumolo: ASN Jangan Monoton dan Terjebak Zona Nyaman, Perlu Inovasi
Tribunnews.com/ Rina Ayu
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo melaporkan langkah-langkah persiapan Kemenpan RB menyikapi
arahan, visi misi dan skala prioritas pemerintah, kepada Wakil Presiden Maruf Amin, Rabu (12/12/2019).

Ia menegaskan, pengelolaan pemerintah pusat dan daerah, kementerian atau lembaga, harus bersih, berwibawa, efektif dan terpercaya dalam membangun tata kelola.

"Membangun birokrasi yang mempunyai kecepatan melayani dan memberikan izin investasi. Itu kata kuncinya. menghapus pola pikir ASN yang linear, monoton, jangan terjebak pada zona nyaman saja," kata Tjahjo Kumolo di kantor wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Baca: Nadiem Makarim: Ujian Nasional Tidak Dihapus Tapi Diganti Dengan Asesmen Kompetensi Minimum

Mantan Mendagri ini berharap ASN dapat membuat inovasi-inovasi untuk mempermudah pekerjaan.

"Jangan terjebak pada rutinitas, tapi harus membangun inovasi-inovasi, kompetisi dan hal-hal yang sifatnya menjadi lebih efektif, efisien dan cepat," katanya.

Baca: Tjahjo Kumolo Sebut Kemungkinan Realisasi Perampingan Eselon Mundur Dari Target Juni 2020

Politikus PDIP tersebut langsung mendapat arahan dari Wakil Presiden Maruf Amin agar ASN dapat meningkatkan kecepatan dalam melayani masyarakat.

"Arahan Wapres tadi bagaimana supaya ASN itu ada kecepatan melayani, kecepatan memberikan izin, perizinan investasi yang cepat dan secara maksimal," kata Tjahjo Kumolo.

Realisasi pemangkasan eselon kemungkinan mundur

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan realisasi perampingan eselon masih memerlukan waktu panjang.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved