Gibran Terjun ke Politik

Ujian Utama Gibran adalah Pilwalkot Solo

Adi menilai apabila Gibran sukses memenangkan kontestasi dan memimpin kota Solo, maka bukan tak mungkin Gibran akan menjadi the next Jokowi.

Ujian Utama Gibran adalah Pilwalkot Solo
TRIBUNSOLO.COM/ADI SURYA SAMODRA
Gibran Rakabuming meminta restu kepada sang ibunda, Iriana Jokowi, di hadapan sang istri, Selvi Ananda, sebelum mendaftar calon wali kota di DPD PDI Perjuangan Jateng di Semarang, Kamis (12/12/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka disebut tengah disiapkan untuk melanjutkan trah politik dari sang ayah yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini diungkapkan oleh Analis Politik UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno. Adi mengatakan ujian utama menunggu Gibran yakni pemilihan wali kota (Pilwalkot) Solo.

"Tentu Gibran disiapkan untuk melanjutkan trah politik Jokowi. Ujian utamanya tentu calon wali kota Solo, jejak politik yang sama ditapaki oleh Jokowi dahulu," ujar Adi, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (12/12/2019).

Adi menilai apabila Gibran sukses memenangkan kontestasi dan memimpin kota Solo, maka bukan tak mungkin Gibran akan menjadi the next Jokowi.

Baca: Gibran Rakabuming Raka Sampaikan Pidato Politik Pertamanya, Sebelum Mendaftar Calon Wali Kota Solo

"Jika sukses, sangat terbuka kesempatan bagi Gibran untuk menjadi the next Jokowi, rising star. Karenanya, Gibran mesti mulai mandiri dan melepas bayang-bayang nama besar Jokowi sebagai bekal di masa mendatang," kata dia.

Di sisi lain, Adi mengatakan majunya Gibran melalui DPD PDIP Jawa Tengah membuat partai berlambang banteng moncong putih tersebut dilematis.

Pasalnya, sejak awal seleksi internal PDIP tingkat DPC telah memunculkan calon yang akan diusung bertarung di Pilkada Solo 2020.

Manuver Gibran yang juga berhasrat maju lewat PDIP, kata dia, tentu membuat konstalasi politik semakin dinamis.

Baca: Selvi Ananda Cium Tangan Gibran Sebelum Sang Suami Daftar Cawali Solo

"Gibran berupaya mendapat dukungan DPP PDIP untuk mendapat tiket maju. Suka tak suka DPP PDIP pasti dilematis. Satu sisi seleksi internal level DPC sudah selesai, namun pada saat bersamaan ada putra mahkota presiden muncul siap nyalon juga," tandasnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved