Gibran Resmi Balon Wali Kota Solo 2020, Apa Komentar Achmad Purnomo yang Diajukan DPC PDIP?

Gibran didampingi Habib Hasan dan diarak oleh ribuan relawan dari berbagai daerah di Jateng menuju Panti Marhaen.

Gibran Resmi Balon Wali Kota Solo 2020, Apa Komentar Achmad Purnomo yang Diajukan DPC PDIP?
istimewa
Diah Warih Anjari (kanan) menyalami Gibran Rakabuming 

TRIBUNNEWS.COM - Konstelasi politik pilkada Solo 2020 langsung berubah pascaresminya putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wali kota dari PDI Perjuangan.

Sebelumnya, DPC PDI P Surakarta secara resmi sudah mengajukan pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi dari pusat.

Namun peta politik di internal PDIP pun langsung berubah seiring keinginan Gibran maju dalam Pilkada Solo 2020 mendatang.

Menanggapi pencalonan Gibran di Pilkada Solo 2020 tersebut, bakal calon wali kota yang ditugaskan DPC PDI-P Surakarta, Achmad Purnomo mengaku, tak khawatir dengan hal tersebut.

Purnomo mengatakan, sebagai kader yang diberi tugas partai, dirinya memilih menunggu rekomendasi dari DPP PDI-P.

Sebab, kata Purnomo, semua keputusan sepenuhnya ada pada DPP PDI-P.

"Enggak ada kekhawatiran bagi saya. Karena saya terus terang ambisi saya hanya mengabdi pada masyarakat. Kalau ternyata tidak diberikan rekomendasi ya sudah," katanya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/12/2019).

Dia menegaskan, bahwa dirinya dan Teguh Prakosa ditugaskan oleh DPC PDI-P Kota Surakarta sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk mendapat rekomendasi dari DPP PDI-P.

"Saya dan Pak Teguh sudah bulat dicalonkan oleh DPC PDI-P Surakarta. Tapi yang menentukan DPP, ya kita tunggu saja," ujar dia.

Disinggung apakah sudah membentuk tim pemenangan, Purnomo menyerahkan sepenuhnya kepada PDI-P Surakarta sebagai partai pengusung dirinya di Pilkada Solo 2020.

"Kalau saya belum membentuk tim. Tapi, banyak kegiatan dari masyarakat yang inisiatif sendiri mengundang saya," terang pria yang menjabat Wakil Wali Kota Surakarta.

Diberitakan sebelumnya, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo di kantor DPD PDI-P Jawa Tengah, pada Kamis (12/12/2019) siang.

Gibran didampingi Habib Hasan dan diarak oleh ribuan relawan dari berbagai daerah di Jateng menuju Panti Marhaen.

Setibanya di ruang pendaftaran, Gibran disambut oleh Ketua Panitia Pendaftaran Balon Wali Kota/Bupati Abang Baginda Hasibuan dan beberapa kader PDI Perjuangan.

Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan mengatakan, Gibran telah mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota Solo pada hari terakhir pendaftaran.

Gibran sendiri dinyatakan sah menjadi bakal calon wali kota Solo dari PDIP setelah seluruh berkas pendaftarannya dinyatakan lengkap. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jika PDI-P Tunjuk Gibran Maju Pilkada Solo 2020, Achmad Purnomo Pasrah", .

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved