Pemindahan Ibu Kota Negara

Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Jadi Basis Inovasi Global

Menurut Jokowi, ibu kota baru juga akan dibangun lembaga pendidikan tinggi yang memiliki standar kelas dunia untuk menciptakan sumber daya

Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Jadi Basis Inovasi Global
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meminta seluruh pihak baik pusat maupun daerah serius menggarap infrastruktur demi kemajuan bangsa dan meningkatkan perekonomian. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan ibu kota baru di Kalimantan Timur, terdapat tempat yang menjadi pusat riset dan inovasi berkelas dunia. 

"Ibu kota baru dibangun pusat riset dan inovasi kelas dunia, yang menjadikan ibu kota baru sebagai global innovation hub, menjadi titik temu inovasi global," ujar Jokowi di kantor Presiden, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Menurut Jokowi, ibu kota baru juga akan dibangun lembaga pendidikan tinggi yang memiliki standar kelas dunia untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas global. 

Baca: Jokowi Tak Ingin Ibu Kota Baru Sepi dan Jadi Mahal

"Sudah saatnya talenta-talenta Indonesia, talenta-talenta global berkolaborasi mengembangkan smart energy, smart health, smart food production," ujar Jokowi. 

"Ini akan menciptakan lapangan kerja baru bagi anak-anak muda kita, serta mendorong usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah kita untuk masuk dan terintegrasi dengan global value chain," sambung Jokowi. 

 Jokowi juga mengingatkan, proses pembangun ibu kota baru harus meninggalkan cara lama, dengan hanya melihatnya dari sisi anggaran atau biaya. 

Baca: Jejak Kunjungan Presiden Jokowi ke Kalimantan Timur Calon Ibu Kota Baru

"Harus berani menggunakan cara-cara baru yang lebih kreatif, termasuk dalam  pemanfaatan teknologi-teknologi inovasi, dengan bantuan talenta hebat yang kita miliki, di dalam negeri maupun yang saat ini belajar di berbagai negara di luar negeri," tutur Jokowi. 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved