Erick Thohir Bersihkan BUMN

Soal Rangkap Jabatan BUMN, Andre Rosiade: di Mata Direksi, Komisaris Hanya Pajangan

Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade menilai adanya rangkap jabatan dalam perusahaan BUMN karena peran komisaris selama ini tidak terlalu dianggap.

Soal Rangkap Jabatan BUMN, Andre Rosiade: di Mata Direksi, Komisaris Hanya Pajangan
Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, (22/11/2019). 

TRIBUNNEWS.COM - Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra, Andre Rosiade menilai adanya rangkap jabatan dalam perusahaan BUMN karena peran komisaris selama ini tidak terlalu dianggap.

Pernyataan tersebut diungkapkan dalam acara Sapa Indonesia Malam yang videonya diunggah di kanal YouTube Kompas TV, pada Minggu (15/12/2019).

Andre mengungkapkan terbongkarnya jabatan gemuk mantan Dierktur Utama PT Garuda Indonesia, Ari Askhara, dapat menjadi pelajaran untuk BUMN.

Ia juga mengatakan hal ini membuktikan bahwa selama ini, jabatan komisaris hanya dipandang sebagai pajangan oleh para direksi.

"Tapi yang menarik, ini juga menjadi pelajaran," ujar Andre.

"Kenapa dari zaman bu Rini dan menteri sebelumnya ini tidak diurus? Karena memang persepsi dari dulu, komisaris cuma dianggap orang sebagai pajangan," imbuhnya.

Menurut penuturannya adanya kedekatan para direksi dengan petinggi BUMN membuat peran komisaris dirasa tidak penting dalam perusahaan tersebut.

"Karena direksi merasa ‘saya nggak perlu diawasi sama kamu, saya ini dekat dengan deputi menteri, dekat dengan sesmen sama menteri BUMN, saya nngak perlu adanya komisaris' gitu," ungkap Andre.

"Sehingga inilah persepsi selama ini dimata direksi-direksi bahwa komisaris hanya pajangan," imbuhnya.

Andre pun menyinggung terkait langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang akan fokus memperkuat peran komisaris di perusahaan BUMN.

Halaman
1234
Penulis: Isnaya Helmi Rahma
Editor: bunga pradipta p
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved