Jokowi Minta Seluruh Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Rampung April 2020

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 99,35 kilometer rampung pada April 2020.

Jokowi Minta Seluruh Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Rampung April 2020
Tribunnews.com/ Seno Tri Sulistiyono
Presiden Jokowi saat meresmikan sebagian ruas Jalan Tol Balsam di pintu tol Samboja, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, SAMBOJA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 99,35 kilometer rampung pada April 2020.

"InsyaAllah paling lambat April 2020," ujar Jokowi saat meresmikan sebagian ruas Jalan Tol Balsam di pintu tol Samboja, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Menurut Jokowi, saat ini yang baru bisa dibuka untuk umum baru tiga seksi, yaitu seksi ll, lll, dan lV dengan panjang 57,8 km.

Baca: Jokowi Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda, Tagar KalimantanPunyaTol Trending di Twitter

"Jadi kurangnya tinggal seksi l dan V," ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, Jalan Tol Balsam merupakan jalan tol pertama di Kalimantan dan diharapkan mobilitas masyarakat dan barang menjadi lebih cepat serta efisien.

"Yang biasa Samarinda ke Balikpapan memakan waktu kurang lebih 3 jam, 6 jam pulang pergi, sekarang menggunakan jalan tol ini menjadi satu jam," tutur Jokowi.

Baca: Polisi Telusuri Informasi Kapal Tongkang Pengangkut Batu Bara Tumpah di Kaltim

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta pemerintah daerah untuk menyambungkan jalan tol ke kawasan produksi kelapa sawit, batu bara, minyak, gas, dan komoditas pertanian.

"Ini jadinya bisa terhubung dengan kawasan produksi," kata Jokowi.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved