Breaking News:

Penjelasan Mahfud MD Soal Klaim Tidak ada Pelanggaran HAM di Era Jokowi

Menko Polhukam Mahfud MD menjelaskan pernyataannya terkait tidak ada pelanggaran HAM pada era Presiden Joko Widodo.

Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamaman (Menko Polhukam) Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta Pusat pada Senin (16/12/2019) 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjelaskan pernyataannya terkait tidak ada pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) pada era Presiden Joko Widodo.

Hal ini ia ungkapkan dalam program Indonesia Lawyers Club (ILC) yang dilansir dari kanal YouTube Talk ShowTvOne, Selasa (17/12/2019).

Sebelumnya, pernyataan Mahfud ini mendapat sorotan tajam dari para pegiat HAM.

Menanggapi hal ini Mahfud menuturkan bahwa komentar-komentar pegiat HAM yang keliru.

"Karena saya memang tidak pernah secara difinitif mengatakan bahwa pada era Pak Jokowi tidak ada pelanggaran HAM," tuturnya.

"Jadi keliru itu. Hanya judul berita yang menyatakan, bahwa di era pelanggaran Jokowi tidak ada pelanggaran HAM," imbuhnya.

Menurut Mahfud, pernyataannya terkait tidak ada pelanggaran HAM di era Jokowi ini memiliki pendahuluan dan sambungannya.

"Di pendahuluannya itu dikatakan bahwa di era reformasi ini sudah ada banyak kemajuan HAM," ungkapnya.

"Pelanggaran yang secara struktur dilakukan oleh pemerintah oleh aparat terhadap rakyatnya sudah jauh berkurang," imbuhnya.

Mahfud juga menyingung terkait warisan cacatan Komnas HAM yang berisi pelanggara-pelanggaran HAM yang harus diselesaikan dalam pemerintahan Jokowi.

Halaman
123
Penulis: Isnaya Helmi Rahma
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved