Breaking News:

Menkoplhukam dan Dubes Rusia Bertemu, Singgung Kerja Sama di Bidang Alutsista

"Masalah kerja sama di bidang alutsista disinggung juga tapi kita tidak mengambil keputusan, karena berkaitan dengan banyak pihak," kata Mahfud MD

Gita Irawan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebelum membuka rapat tersebut di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta Pusat pada Selasa (17/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan sempat membahas terkait kerja sama di bidang alat utama sistem senjata (alutsista) dengan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva dalam pertemuan di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta Pusat pada Jumat (20/12/2019).

Meski begitu ia mengatakan dalam pertemuan tersebut ia menyatakan tidak ada keputusan apapun yang diambil.

Baca: Anies Baswedan Pastikan Stok Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru Masih di Level Aman

"Masalah kerja sama di bidang alutsista disinggung juga tapi kita tidak mengambil keputusan, karena berkaitan dengan banyak pihak," kata Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta Pusat pada Jumat (20/12/2019).

Selain itu, ia mengatakan sempat berdiskusi terkait dengan kerja sama di bidang pertahanan kawasan, sosial, dan terorisme.

Baca: Aktivis Antikorupsi Feri Amsari: Dewan Pengawas Bakal Dominasi KPK di Periode Firli Cs

"Memang ada beberapa hal kami diskuai tentang kerja sama kerja sama yang biasa dilakukaan kedua negara karena kita punya kelompok kerja banyak. Di bidang terorisme, pertahanan kawasan, sosial, dan sebagainya," kata Mahfud.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto juga pernah menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar Rusia untuk ASEAN Alexander A Ivanov yang didampingi oleh Atase Rusia untuk ASEAN Lt Col Egor Afanasenkov dan rombongan di kantor Kementerian Pertahanan RI Jakarta Pusat pada Kamis (14/11/2019).

70 Tahun kerja sama Indonesia - Rusia

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengundang Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva ke kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat, (20/12/2019).

Hasil dari pertemuan tersebut, Mahfud MD mengaku membahas perayaan 70 tahun kerjasama Indonesia dan Rusia.

Baca: Kunjungi Jakarta, Jokowi Siapkan Suvenir Keris Pakubuwono X untuk Vladimir Putin

"Kerjasama diplomatik Indonesia dengan Rusia itu sudah 70 tahun. Presiden Rusia Vladimir Putin ingin merayakannya di Indonesia," ucapnya.

Ia menuturkan, kedatangan Vladimir Putin ke Indonesia semula dijadwalkan di acara Februari.

Baca: Vladimir Putin akan Kunjungi Indonesia Tahun 2020

"Tetapi mungkin jadi dalam paroh pertama tahun 2020 jadi sebelum lewat tahun itu," ucapnya.

Mahfud MD juga menuturkan Indonesia serta Rusia akan bekerjasama di bidang terorisme, pertahanan kawasan dan sosial.

Berita Populer
Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved