Resmikan Program B30, Jokowi Sebut 3 Alasan Percepat Implementasi

Jokowi menyampaikan alasannya kenapa harus mempercepat implementasi program biodisel. Salah satunya ingin melepaskan diri dari ketergantungan energi.

Resmikan Program B30, Jokowi Sebut 3 Alasan Percepat Implementasi
Wartakota/henry lopulalan
PERESMIAN BIO DIESEL - Presiden Jokowi didampingi Direktur Utama Nicke Widyawati Pertamina, melihat proses pengisian BBM Bio diesel B30 usai meresmikan implementasi program Biodiesel 30 persen ( B30) di Pedi SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (23/12). Implementasi program campuran minyak sawit mentah sebanyak 30 persen dalam bahan bakar minyak jenis Solar (Biodiesel 30 persen) itu untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil serta mengurangi impor bahan bakar minyak. (WARTAKOTA/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan alasann memercepat implementasi program biodiesel.

Hal tersebut dikatakan saat meresmikan implementasi biodiesel 30 persen atau B30 di SPBU Pertamina Jalan MT Haryono Jakarta Selatan pada Senin (23/12/2019).

Jokowi pun menyebutkan tiga alasan tersebut.

Asalan yang Pertama, pemerintah ingin melepaskan diri dari ketergantungan energi fosil.

"Pertama kita berusaha untuk mencari sumber-sumber EBT (energi baru terbarukan), dan kita harus melepaskan diri dari ketergantungan pada energi fosil yang kita sadar suatu saat pasti akan habis," kata Jokowi, dilansir dari YouTube KompasTV.

Kedua, mengurangi Indonesia dari kegiatan impor minyak dengan meningkatkan produksi minyak kelapa sawit (CPO) sebagai bahan campuran BBM.

"Dengan potensi sawit sebesar itu, kita punya banyak sumber bahan bakar nabati sebagai pengganti bahan bakar solar. Potensi itu harus kita manfaatkan untuk mendukung ketahanan dan kemandirian energi nasional kita," jelas Jokowi.

"Usaha-usaha untuk mengurangi impor harus terus dilakukan dengan serius. Kalkulasinya jika kita konsisten menerapkan B30 ini akan dihemat devisa kurang lebih Rp 63 triliun," imbuhnya.

Ketiga, penerapan B30 akan meningkatkan permintaan CPO dalam negeri meningkat.

Sehingga dampak yang diberikan dari penyerapan CPO sangat luas.

Halaman
12
Penulis: Indah Aprilin Cahyani
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved