Menlu RI dan Vietnam Lakukan Pertemuan Bilateral di Gedung Baru Kementerian Luar Negeri Vietnam

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melakukan pertemuan Bilateral dengan Menteri Luar Negeri Vietnam, Pham Binh Minh, di Hanoi, Vietnam.

Menlu RI dan Vietnam Lakukan Pertemuan Bilateral di Gedung Baru Kementerian Luar Negeri Vietnam
Instagram Menlu Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melakukan pertemuan Bilateral dengan Menteri Luar Negeri Vietnam, Pham Binh Minh, di Hanoi, Vietnam, Senin (23/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melakukan pertemuan Bilateral dengan Menteri Luar Negeri Vietnam, Pham Binh Minh, di Hanoi, Vietnam, Senin (23/12/2019).

Lewat keterangan media sosial (Instagram) pribadinya, Menlu Retno menulis dirinya melakukan pertemuan yang hangat, cerah serta produktif di Gedung Kementerian Luar Negeri Vietnam yang baru.

"Menurut Menlu Binh Minh, saya adalah Menlu asing yang pertama melakukan pertemuan bilateral di gedung baru tersebut," ujar Menteri Retno dalam captionnya.

Pertemuan keduanya dilakukan dalam rangka konsultasi mengenai isu-isu ASEAN menjelang Vietnam menjadi Ketua pada 2020.

Baca: Tawarkan Pantai Pangandaran Jadi Lokasi Budidaya Lobster, Ridwan Kami Diceramahi Susi Pudjiastuti

Disamping itu, kedua Menteri juga berkonsultasi mengingat Vietnam dan Indonesia akan sama-sama menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB pada tahun 2020.

“Pertemuan ini juga merupakan momentum yang tepat karena Indonesia dan Vietnam akan memperingati 65 tahun Hubungan Bilateral kedua negara tahun 2020. Kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama sekaligus penguatan kontribusi bagi stabilitas dan perdamaian di kawasan dan global,” ujar Menlu Retno.

Kedua negara adalah mitra strategis dan sepakat untuk terus mendorong implementasi Plan of Action periode 2019-2023, khususnya kerjasama ekonomi, peningkatan perdagangan bilateral, investasi, kemajuan dalam bidang air-connectivity, serta penyelesaian negosiasi Zona Ekonomi Eksklusif.

Menyinggung isu-isu selama keketuaan Vietnam pada ASEAN, juga dibahas mengenai inisiatif Indonesia untuk menindaklanjuti ASEAN Outlook on Indo-Pacific melalui penyelenggaraan 'ASEAN-WEF Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum' pada pertengahan tahun 2020 di Jakarta.

Baca: Dua Arti Berbeda Julukan Anyar Park Hang-seo, Jadikan Sosoknya Sangat Berharga untuk Publik Vietnam

Kedua Menteri Luar Negeri juga menekankan perlunya ASEAN untuk terus memajukan isu perempuan, perdamaian dan keamanan sebagai salah prioritas keketuaan Vietnam.

Halaman
12
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved