Menkominfo: Situs Film Ilegal Menghambat Iklim Investasi

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menilai situs film bajakan memiliki efek buruk iklim investasi Indonesia.

Menkominfo: Situs Film Ilegal Menghambat Iklim Investasi
TRIBUNNEWS/CHAERUL UMAM
Johnny G. Plate 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menilai situs film bajakan memiliki efek buruk iklim investasi Indonesia.

Padahal menurutnya, saat ini pemerintah sedang mencoba mengajak pihak asing untuk berinvestasi.

"Menggunakan film-film bajakan nanti itu bisa berefek buruk bagi Indonesia. Pada saat di mana negara pemerintah sedang membangun iklim investasi dan mengajak investasi-investasi asing untuk menanamkan investasi di Indonesia," ujar Johnny di kediamannya, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Johnny menegaskan bahwa selama ini bangsa Indonesia selalu menghormati kekayaan intelektual dalam negeri dan negara lain.

Menurut Johnny, situs film bajakan selama ini dianggap memberikan layanan yang ekonomis. Namun nyatanya, menurut Johnny dapat merusak kreativitas anak bangsa.

"Seolah olah kalau menggunakan film atau menonton film bajakan atau menyiarkan film bajakan seolah-olah murah. Tapi itu untuk jangka panjangnya akan mematikan kreativitas anak bangsa kita sendiri karena barang-barang murah dan itu tidak pada tempatnya," tutur Johnny.

Sejauh ini Kominfo telah menutup seribu situs film bajakan.

Seperti diketahui, situs IndoXXI telah resmi menutup layanan streaming videonya mulai 1 Januari 2020. Penutupan tersebut diumumkan IndoXXI melalui situsnya.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved