Firli Bahuri Selalu Diminta Mundur dari Polri, Apa Kata Plt Jubir KPK?

Merespons hal tersebut, ‎Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengaku hal tersebut sebenarnya tidak masalah

Firli Bahuri Selalu Diminta Mundur dari Polri, Apa Kata Plt Jubir KPK?
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Dalam kesempatan tersebut, Firli Bahuri mengenalkan dua Pelaksana harian (Plh) juru bicara KPK antara lain Ipi Maryati dalam bidang pencegahan dan Ali Fikri dalam bidang penindakan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Posisi Firli Bahuri selaku Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jilid V masih menyisakan pertanyaan bagi sejumlah pihak. Pasalnya Firli diketahui masih sebagai polisi aktif. 

Merespons hal tersebut, ‎Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengaku hal tersebut sebenarnya tidak masalah. Sebab tak ada regulasi yang mengharuskan Firli mundur dari instansi asalnya. 

"Kita mengacu pada aturan normatif. Yang jelas jabatan struktural tidak ada. Bahwa beliau (Firli) masih fungsional di Polri, iya, tapi jabatan tidak ada," kata Ali Fikri kepada wartawan, Senin (30/12/2019).

Disinggung potensi terjadiinya conflict of interest ‎karena Filri masih sebagai polisi aktif, Ali kembali menepisnya. Ia mengatakan semua akan terjawab oleh kinerja nantinya.

Baca: Begini Respon Polri Ketika Novel Baswedan Sebut Tidak Ada Masalah Pribadi dengan Tersangka

Baca: Dewan Pengawas KPK Tutup Mulut Sampai 3 Januari 2020

Baca: Firli Bahuri Bantah Jokowi Gerus Independensi KPK Lewat Perpres

"Itu nanti dibuktikan dengan kerja-kerja. Ya nanti kita lihat ke depan," kata Ali Fikri.

Diketahui, jabatan terakhir Komisaris Jenderal Polisi Firli Bahuri di Polri yakni Analis Ke‎bijakan Utama Badan Pemeliharaan Keamanan Polri. Namun Firli sendiri telah menegaskan bahwa itu bukanlah sebuah jabatan. 

Sebelumnya sejumlah pihak menyarankan supaya Filri Bahuri mundur dari Polri, agar tidak rangkap jabatan selaku Ketua KPK.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved