Tahun Baru 2020

Refleksi 2019, Mardani Soroti Penyelenggaraan Pemilu 2019 dan Masalah Ekonomi

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyoroti penyelenggaraan Pemilu 2019 terutama mengenai partisipasi masyarakat dalam Pemilu

Refleksi 2019, Mardani Soroti Penyelenggaraan Pemilu 2019 dan Masalah Ekonomi
Chaerul Umam
Mardani Ali Sera 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -- Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyoroti penyelenggaraan Pemilu 2019 terutama mengenai partisipasi masyarakat dalam Pemilu dalam refleksi akhir tahunnya.

Sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI menurut Mardani catatan mengenai partisipasi Pemilu sangatlah penting. Berdasarkan survei internal PKS sebanyak 85 persen penduduk Indonesia memperhatikan dinamika Pemilu 2019.

"Pemilu Presiden 2019 telah menyedot perhatian dan energi rakyat dan bangsa kita," kata Mardani kepada Tribunnews, Selasa, (31/12/2019).

Menurut Mardani angka partisipasi Pemilih mencapai 81 persen pada Pemilu 2019. Angka tersebut naik sebesar 10 persen dari Pemilu 2014. Hal itu menurutnya patus disyukuri.

"Satu hal yang patut kita syukuri adalah perhatian dan kesadaran politik rakyat semakin meningkat. Rakyat semakin sadar dan paham betapa pentingnya politik, kekuasaan, terutama perhelatan Pemilu sebagai event yang menentukan masa depan bangsa selama 5 tahun ke depan.

Baca: PKS Dorong Revisi UU untuk Perkuat Putusan MK Soal Larangan Mantan Koruptor Maju Pilkada

Baca: PKS Dorong Revisi UU Pilkada untuk Perkuat Putusan MK Soal Ketentuan Mantan Koruptor Ikut Pilkada

Baca: Bobby Nasution Maju Pilkada 2020, Mardani Ali Sera: Semua Berhak tapi Nepotisme adalah Kemunduran

Antusiasme masyarakat dalam menyambut dan mengikuti perhelatan Pemilu Presiden ini terlihat dari begitu banyaknya masyarakat yang hadir dalam setiap acara kampanye terbuka para calon Presiden dan Wakil Presiden, " katanya

Padahal menurut Mardani KPU hanya menargetkan partisipasi Pemilih pada angka 77,5 persen. Oleh karena itu peran penyelenggara Pemilu harus diapresiasi pada pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

Antusiasme masyarakat terhadap Pemilu menurut Mardani juga bisa dilihat di media sosial.Indikasinya adalah tingginya intesitas pembicaraan dan postingan masyarakat terkait Pemilu Presiden, terutama saat acara Debat Capres dan kampanye terbuka di GBK.

Indikasi lainnya yang saya lihat langsung adalah bertahannya tagar #2019GantiPresiden yang saya inisiasi sejak awal tahun 2018 hingga masa hari terakhir kampanye Pemilu 2019.

Halaman
123
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved