Resmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo, Jokowi: Sepintas Saya Perhatikan Ini Sangat Indah

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendung Kamijoro saat melakukan kunjungan kerja ke DI Yogyakarta.

Resmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo, Jokowi: Sepintas Saya Perhatikan Ini Sangat Indah
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendung Kamijoro, Kulon Progo, Provinsi DIY Yogyakarta, Selasa (31/12/2019 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendung Kamijoro saat melakukan kunjungan kerja ke DI Yogyakarta.

Peresmian tersebut berlangsung di Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (31/12/2019).

Presiden mengatakan kehadiran bendungan tersebut sangat penting bagi ketersediaan suplai air dan mendukung aktivitas masyarakat setempat.

"Bendung yang dibangun di aliran Sungai Progo sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan karena memberikan kepastian dan memberikan ketersediaan air secara berkesinambungan untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat," ujarnya.

Bendungan tersebut diharapkan dapat menyediakan kebutuhan air irigasi bagi lahan pertanian seluas 2.370 hektare yang ada di Kabupaten Bantul sekaligus meningkatkan intensitas tanam dari semula berkisar pada angka 205 persen menjadi 270 persen.

Baca: Keputusan Jokowi Menambah Jabatan Wakil Kepala Staf Kepresidenan Dinilai Sebagai Kebijakan Paradoks

"Bendung Kamijoro ini juga sangat bermanfaat untuk persediaan air baku baik untuk Bandara Internasional Yogyakarta juga untuk Kabupaten Bantul, Kulon Progo, dan juga nantinya bisa juga sampai ke Kota Yogyakarta," kata Presiden.

Bendungan yang seluruh areanya berada di sebagian Kabupaten Kulon Progo dan Bantul tersebut mulai dibangun sejak 2016 dan kini telah beroperasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Setidaknya sebanyak 11 desa dari 4 kecamatan memperoleh manfaat irigasi dari adanya bendungan tersebut.

Baca: Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo

Selain itu, lokasi bendungan tersebut juga bertransformasi menjadi destinasi wisata bagi masyarakat setempat sekaligus memberikan dampak ekonomi bagi daerah.

"Saya tadi memperhatikan sepintas Bendung Kamijoro ini sangat indah. Ada taman bermain, ada plasa terbuka, saya tahu ini sudah menjadi tempat tujuan wisata," tuturnya.

Halaman
12
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved