Anggota DPR Termuda Ungkap Fakta Miris, Bank Emok Jerat Emak-emak, Suami Jadi Jaminan ke Rentenir

Puteri mengaku miris ketika seorang warga di Karawang bercerita bagaimana menyiksanya punya tanggungan utang di Bank Emok. Suami jadi jaminan rentenir

Anggota DPR Termuda Ungkap Fakta Miris, Bank Emok  Jerat Emak-emak, Suami Jadi Jaminan ke Rentenir
istimewa
Puteri Anetta Komarudin 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Feryanto Hadi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Puteri Anetta Komarudin, salah satu anggota DPR RI termuda dari Fraksi Golkar menjalani masa reses pertama di ini usai dilantik sebagai anggota DPR RI. Masa reses dimulai 18 Desember 2019 hingga 10 Januari 2020.

Seperti anggota dewan lainnya, ia pun memanfaatkan masa reses dengan turun ke Dapilnya yakni Jabar VII yang mencakup Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bekasi.

Saat reses ini Puteri Anetta menemukan fakta mengejutkan ketika ia membahas soal praktik Bank Emok dengan warga.

Bank Emok ini memang sudah menjadi perhatian Puteri cukup lama, bahkan turut ia masukkan dalam visi misi kampanye untuk memberantas praktik rentenir yang menyengsarakan warga itu.

Puteri mengaku miris ketika seorang warga di Karawang bercerita bagaimana menyiksanya punya tanggungan utang di Bank Emok.

"Praktik pinjam meminjam ini tanpa agunan. Bahkan ada ibu-ibu yang menjaminkan suaminya sama rentenir itu. Ada korban namanya Bu Ning, warga Kecamatan Kutawaluya, Karawang. Dia bilang banyak teman-temannya diceraikan suami karena suami dijadikan agunan utang," ungkap Puteri kepada Warta Kota, Selasa (31/12/2019).

Istilah bank emok diambil karena praktik tersebut dilakukan mengikuti pola duduk lesehan bagi kalangan ibu-ibu di Jawa Barat.

Ilustrasi Rentenir
Ilustrasi Rentenir (ekonomi.kompasiana.com)

Puteri mengungkapkan, masyarakat merasa terlena karena syarat yang diajukan bank emok cukup mudah yaitu hanya berupa fotokopi KTP serta surat persetujuan suami.

Namun, bunga yang diberikan bank emok cukup tinggi serta skema tanggung renteng yang dinilai merugikan.

Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved