Sebanyak 175 Peserta Ikuti Dikreg Prodi Operasi Laut Seskoal Ke-58

Sebanyak 175 Perwira Menegah (Pamen) TNI/TNI Angkatan Laut dan Kepolisian RI serta Perwira Mahasiswa Internasional resmi mengikuti Pendidikan Reguler

Sebanyak 175 Peserta Ikuti Dikreg Prodi Operasi Laut Seskoal Ke-58
Dok Dinas Penerangan Angkatan Laut
Sebanyak 175 Perwira Menegah (Pamen) TNI/TNI Angkatan Laut dan Kepolisian RI serta Perwira Mahasiswa Internasional resmi mengikuti Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komandan TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 Program Studi Strategi Operasi Laut TA 2020 di Auditorium Yos Soedarso Seskoal, Jakarta Selatan pada Senin (13/1/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 175 Perwira Menegah (Pamen) TNI/TNI Angkatan Laut dan Kepolisian RI serta Perwira Mahasiswa Internasional resmi mengikuti Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komandan TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 Program Studi Strategi Operasi Laut TA 2020 di Auditorium Yos Soedarso Seskoal, Jakarta Selatan pada Senin (13/1/2020).

Mereka terdiri dari 161 Perwira Mahasiswa TNI Angkatan Laut yang terdiri dari 53 Korps Pelaut, 22 Korps Teknik, 13 Korps Elektronik, 19 Korps Suplai, 34 Korps Marinir, enam Korps Kesehatan, 10 Korps Khusus dan empat Korps Polisi Militer.

Sedangkan, Perwira Mahasiswa tamu berjumlah enam orang yang terdiri dari TNI AD,TNI AU dan Polri masing-masing mengirim dua Perwira Mahasiswa.

Sementara itu, delapan Perwira Mahasiswa dari Negara Sahabat yakni Arab Saudi, Australia, China, India, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam amanatnya saat upacara pembukaan pendidikan mengatakan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis berdampak kepada tantangan tugas TNI atau TNI Angkatan Laut yang semakin kompleks.

Ia mengatakan, kompleksitas tersebut satu di antaranya adalah jenis peperangan yang telah memasuki generasi kelima yaitu peperangan hybrid (Hybrid Warfare).

Karena itu, menurutnya, untuk menghadapi tantangan tersebut TNI/TNI Angkatan Laut membutuhkan perwira-perwira profesional, adaptif dan antisipatif terhadap perubahan lingkungan strategis, salah satunya dengan pelaksanaan pendidikan tersebut.

Ia berharap, Seskoal mampu menjadi wahana pengembangan, pematangan dan penyamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak bagi para perwira yang dididik.

Ia juga meminta pendidikan Seskoal berorientasi kepada upaya untuk memperluas cakrawala pandang dan mempertajam kemampuan analisis sehingga para siswa didik memiliki visi jauh ke depan, serta mampu mengambil inisiatif dan keputusan dengan cepat dan tepat.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved