KPK dan Kemenko Maritim Perkuat Sinergi Cegah Korupsi di Bidang Investasi

Firli menambahkan bahwa KPK telah melakukan berbagai upaya dalam program pencegahan korupsi.

KPK dan Kemenko Maritim Perkuat Sinergi Cegah Korupsi di Bidang Investasi
Ilham Rian Pratama/Tribunnews.com
Pimpinan KPK saat berfoto bersama Menko Maritim Luhut Pandjaitan di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan KPK mengunjungi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada Kamis (15/1/2020).

Keempat Pimpinan KPK, Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, dan Nawawi Pomolango diterima oleh Menko Maritim Luhut Pandjaitan beserta jajarannya di kantor Kemenko Maritim

Dalam kunjungan tersebut, Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan beberapa hal terkait penguatan kerja sama dan sinergitas antara KPK dengan Kemenko Maritim. Ia mengatakan kunjungan ini merupakan amanat pasal 6 UU no 19 tahun 2019.

Baca: Soal Penggeledahan Kasus Eks Komisioner KPU,Tumpak Hatorangan: Kami Tak Campuri tapi Beri Izin

“Kementerian Maritim dan Investasi merupakan kementerian yang strategis karena investasi sekarang dikelola oleh kementerian ini,” ujar Firli.

Lebih lanjut Firli menambahkan bahwa KPK telah melakukan berbagai upaya dalam program pencegahan korupsi.

Untuk mendukung tumbuhnya investasi, KPK akan terus mendorong perbaikan terkait pelayanan publik.

“Sebagai lembaga penegak hukum KPK akan fokus mewujudkan kepastian hukum dan pada saat yang sama akan mendukung penciptaan iklim investasi yang akan membuka lapangan pekerjaan dan muaranya pada peningkatan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Baca: Saor Siagian Hampir Adu Jotos di ILC, Ferdinand Ingatkan Masinton : Tak Ada yang Niat Keroyok Abang

Pertemuan ini juga membahas beberapa hal seperti bentuk koordinasi ke depan sebagai tindak lanjut pertemuan agar pendampingan program pencegahan korupsi dapat dilakukan bersama-sama.

Menko Maritim Luhut pun menyambut baik kunjungan keempat pimpinan KPK. Dalam sambutannya ia mengharapkan keterlibatan KPK sejak awal, sehingga upaya pencegahan korupsi pada area-area yang dinilai rawan korupsi dalam dilakukan.

“Kami sampaikan bahwa setiap investasi akan melibatkan KPK sebagai upaya pencegahan. Tapi, kami juga berpesan pencegahan korupsi perlu didorong tanpa meninggalkan penindakan,” ujar Luhut.

Selain Pimpinan, hadir dalam pertemuan ini adalah Sekretaris Jenderal KPK Cahya Harefa, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Kelompok Kerja Strategis Pimpinan Zil Irvan, Plt Juru Bicara Bidang pencegahan Ipi Maryati Kuding, Sekretaris Kemenko Maritim dan Investasi Agung Kuswandono, Deputi I Bid Koordinasi Kedaulatan Maritim Purbaya Yudhi Sadewa, Staf Khusus Lambock V Nahattands dan Tenaga Ahli Menko Maritim.

Baca: Selain Harun Masiku, Ini Daftar Buronan Korupsi yang Berhasil Kabur ke Luar Negeri

Kunjungan Pimpinan KPK ke beberapa kementerian/lembaga ini telah dilakukan sejak Senin (6/1/2020).

Sebelumnya Pimpinan telah mengunjungi Kepolisian Republik Indonesia, Kemenko Polhukam RI, Kementerian Keuangan RI, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), TNI Republik Indonesia dan MPR RI.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved