Jokowi Prediksi Sosok Presiden 2024, Pengamat Nilai Sandiaga Lebih Berpeluang

Kepala daerah tidak memiliki peluang maju di Pilpres 2024 sebesar menteri, pejabat negara, anggota dewan, selebriti, atau bahkan pengusaha.

Jokowi Prediksi Sosok Presiden 2024, Pengamat Nilai Sandiaga Lebih Berpeluang
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat menghadiri acara pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2019-2022 di Jakarta, Rabu (15/1/2020). Pelantikan BPP HIPMI periode 2019-2022 mengusung tema peningkatan kualitas SDM pengusaha muda indonesia dalam menyambut era bonus demografi. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memprediksi dan menyebut nama Sandiaga Uno sebagai presiden 2024 dalam acara Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (15/1) kemarin. 

Menanggapi hal itu, pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan ucapan Jokowi dapat diartikan mantan Gubernur DKI itu melihat sosok potensial dalam diri Sandiaga.

"Disebutnya nama Sandiaga oleh Jokowi ini menarik. Ya selain itu becandaan, tapi artinya Presiden Jokowi masih melihat salah satu nama yang potensial adalah mas Sandiaga," ujar Hendri, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (16/1/2020). 

Hendri menyebut pula ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai sosok yang digadang-gadang maju dalam Pilpres 2024. 

Baca: Jokowi Isyaratkan Sandiaga Uno jadi Presiden 2024: Mungkin Pak Presiden Guyon Tadi

Namun, ketika disinggung siapa yang lebih berpeluang maju di Pilpres mendatang, Hendri mengatakan Sandiaga memiliki peluang yang lebih besar. 

Alasannya, kata dia, Sandiaga memiliki kendaraan politik yakni partai Gerindra. Sementara Anies tidak. Selain itu, Anies terancam kehilangan panggung setelah masa jabatannya sebagai gubernur habis di 2022.

"Tapi kalau sejujurnya Sandiaga lebih berpeluang maju di 2024. Karena Sandiaga punya parpol, sementara Anies terancam nggak punya panggung nanti. Karena di 2022 dia (Anies) selesai kan jadi gubernur," kata dia. 

Founder lembaga survei KedaiKOPI tersebut juga mengatakan Anies memiliki hambatan lain.

Menurutnya, kepala daerah tidak memiliki peluang maju di Pilpres 2024 sebesar menteri, pejabat negara, anggota dewan, selebriti, atau bahkan pengusaha. 

Halaman
123
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved