Kongres PAN Akan Digelar dalam Waktu Dekat, Pengamat: Amien Rais Jadi Figur Sentral yang Kini Diuji

Analis Politik, Pangi, mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kadernya.

Kongres PAN Akan Digelar dalam Waktu Dekat, Pengamat: Amien Rais Jadi Figur Sentral yang Kini Diuji
Pangi Syarwi Chaniago
Analis Politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kader, Jumat (17/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) akan digelar dalam waktu dekat.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, Kongres PAN akan diselenggarakan pada 12 Februari 2020 di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Nanti kira-kira tanggal 12 Februari, lagi dikonfirmasi tempat, hotel, dan segala macam. Tapi kira-kita tanggal 12, di Sulawesi Tenggara," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020), seperti yang diberitakan Kompas.com.

Pemilihan Ketua Umum PAN akan menjadi satu agenda kongres.

Analis Politik Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan tersebut akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kadernya.

Pangi menilai, sebagai anak kandung reformasi, PAN memiliki beban moral untuk terus memperjuangkan nilai dan etika serta agenda reformasi.

Analis Politik Sekaligus Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan tersebut akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kadernya.
Pangi menilai, sebagai anak kandung reformasi, PAN memiliki beban moral untuk terus memperjuangkan nilai dan etika serta agenda reformasi.
Analis Politik Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan tersebut akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kadernya. Pangi menilai, sebagai anak kandung reformasi, PAN memiliki beban moral untuk terus memperjuangkan nilai dan etika serta agenda reformasi. (Pangi Syarwi Chaniago)

Para elite partai, terutama pendiri PAN, Amien Rais, menjadi figur sentral yang kini diuji. 

"Amien Rais menjadi figur sentral yang kini diuji untuk memastikan diri dan partainya untuk tidak terjebak ke dalam tradisi feodalisme dan menguatnya sistem oligarki kepartaian, yang kini hampir melanda semua partai politik di Indonesia," kata Pangi dalam keterangan tertulis, Jumat (17/1/2020).

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu menyebutkan, oligarki dan feodalisme adalah benalu demokrasi yang seharusnya dibuang jauh dari tubuh partai politik.

Dengan demikian, penguatan demokrasi di internal partai politik adalah sebuah keniscayaan.

Halaman
1234
Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved