PON XX, Jokowi Ingin Tunjukkan pada Dunia Banyak Lahir Talenta-talenta Hebat di Papua

Presiden Jokowi mengatakan semangat dari penyelenggaraan PON di Papua ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi olahraga semata

PON XX, Jokowi Ingin Tunjukkan pada Dunia Banyak Lahir Talenta-talenta Hebat di Papua
Dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin dalam rapat terbatas soal RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dan Perpajakan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (15/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas (ratas) dengan jajarannya untuk membahas penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020.

Ratas tersebut digelar di Kantor Presiden, Jakarta, pada Jumat (17/1/2020).

Baca: Empat Arahan Jokowi untuk Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U20

"Penyelenggaraan PON XX tahun 2020 yang akan berlangsung di Papua tanggal 20 Oktober hingga 2 November 2020 sudah sangat dekat sekali, oleh sebab itu rapat terbatas ini melanjutkan dari rapat yang lalu," kata Presiden Jokowi sesuai keterangan pers Biro Pers Istana Kepresidenan, Jumat.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengatakan semangat dari penyelenggaraan PON di Papua ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi olahraga semata.

Hal yang paling penting menurutnya, juga sebagai arena untuk memperkuat jalinan persaudaraan, jalinan persatuan, dan solidaritas antardaerah.

"Sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa Tanah Papua banyak lahir talenta-talenta yang hebat di bidang olahraga," tutur Jokowi.

Dengan waktu penyelenggaraan yang semakin dekat, yaitu tinggal 276 hari, Kepala Negara meminta laporan dari jajaran terkait.

Pertama, mengenai infrastruktur pendukung untuk penyelenggaraan PON, mulai dari pembangunan venue maupun nonvenue, hingga kesiapan akomodasi bagi kurang lebih 9.411 atlet dan ofisial yang akan datang ke Papua.

"Kemudian saya juga sudah menerima laporan dari KONI yang sudah memutuskan pengurangan dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan menjadi 37 cabang olahraga dengan 678 nomor pertandingan," ungkapnya.

Halaman
12
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved