Prakiraan Cuaca

BMKG: Potensi Hujan Lebat 19-20 Januari 2020: Waspada Tanah Longsor dan Banjir di Beberapa Wilayah

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis informasi potensi hujan lebat periode 17 hingga 23 Januari 2020.

BMKG: Potensi Hujan Lebat 19-20 Januari 2020: Waspada Tanah Longsor dan Banjir di Beberapa Wilayah
tangkapan layar/bmkg.go.id
BMKG: Potensi hujan lebat di beberapa wilayah 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis informasi potensi hujan lebat periode 17 hingga 23 Januari 2020.

Diperkirakan hujan dengan intensitas lebat akan mengguyur beberapa wilayah di Indonesia.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada.

Sesuai dengan informasi pada laman bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi (17/1/2020) terdapat sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata.

Saat ini, sirkulasi siklonik masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat/petir berpotensi terjadi wilayah:

Periode 19 Januari 2020:

- Sumatera Barat

Halaman
1234
Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved