Breaking News:

Virus Corona

Langkah Cepat Harus Diambil untuk Memastikan Virus Corona Tidak Menyebar di Daerah

Cecep Suryadi mengungkapkan merebaknya virus corona harus disikapi serius dan penuh inisiatif bukan saja oleh otoritas kesehatan pemerintah pusat.

iStockphoto
ILUSTRASI - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar menerima tiga pasien wisatawan asing suspect atau dicurigai terjangkit virus Corona pada Rabu (22/1/2020) lalu. Hasil Lab Negatif, Tiga Pasien Suspect Virus Corona di RSUP Sanglah Dipulangkan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP), Cecep Suryadi mengungkapkan merebaknya virus corona di beberapa negara tetangga harus disikapi serius dan penuh inisiatif bukan saja oleh otoritas kesehatan pemerintah pusat.

Menurut cecep Suryadi, dinas-dinas kesehatan di daerah yang menjadi pintu masuk orang, khususnya di daerah-daerah perbatasan harus lebih intens memastikan peredaran orang masuk yang steril.

Demikian juga dengan pihak PT Angkasa Pura, PT Pelindo, dan lainnya.

"Perlu juga diwaspadai apakah virus tersebut dapat menyebar menggunakan media selain manusia, mengingat banyaknya barang masuk dari luar yang bisa dengan mudah berpindah tangan," ujar Cecep Suryadi kepada Tribunnews, Minggu (26/1/2020).

Langkah cepat harus diambil untuk memastikan virus corona tidak menyebar di daerah-daerah di tanah air.

Informasi serta merta harus segera disampaikan secara massif oleh badan publik seperti kementerian kesehatan, Pelindo, Angkasa Pura, pemerintah daerah.

"Termasuk memastikan di beberapa pulau-pulau terluar dimana celah untuk masuk dari negara tetangga terbuka lebar. Misalnya di Kabupaten Kepulauan Meranti, Batam, Tanjung Pinang dan lain-lain dimana peredaran orang dan barang masuk sangat intens," kata dia.

Baca: VIDEO Seorang Dokter di China Tertekan & Marah-marah, Lantaran Banyak Pasien Terinfeksi Virus Corona

Baca: Soal Virus Corona, Mahasiswa Indonesia di Wuhan: Kami Selalu Menduga-duga Apa Kami Sudah Terinfeksi

Cecep mengatakan langkah yang bagus diambil Sumatera Barat yang memastikan Bandara Minangkabau steril dari merebaknya virus corona yang masih belum didapati serum penawarnya.

"Langkah ini harus berkelanjutan dan lebih massif," harapnya.

41 Korban Jiwa

Halaman
123
Penulis: Yulis Sulistyawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved