Virus Corona

Cegah Corona, PKB Minta Semua Pihak Tingkatkan Kewaspadaan

Diskusi Reboan bertajuk "Bersatu Menghadapi Endemik Virus Corona" di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020).

Cegah Corona, PKB Minta Semua Pihak Tingkatkan Kewaspadaan
Ist for tribunnews.com
Diskusi Reboan bertajuk "Bersatu Menghadapi Endemik Virus Corona" di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Korban meninggal akibat serangan virus corona terus bertambah.

Pihak berwenang China bahkan menyebutkan sedikitnya hingga Rabu (29/1/2020), total korban tewas mencapai 132 jiwa.

Sementara jumlah kasusnya mencapai 6.056 kasus dan 70 kasus di luar China.

Karena itu, pemerintah diminta lebih waspada menghadapi kemungkinan masuknya virus corona ke Indonesia.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan, kewaspadaan dari semua pihak harus ditingkatkan, mulai dari pemerintah terutama Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Imigrasi yang menyangkut lalu lintas perpindahan manusia, termasuk Kementerian Perhubungan dan juga masyarakat secara luas.

"Kita dikejutkan dengan adanya virus corona. Kekhawatiran terjadi di seluruh belahan dunia, bahkan muncul trauma dan ketakutan. Saya pun sangat khawatir, siaga, dan waspada terhadap kemungkinan berkembangnya virus di negara kita. Waspada harus ada dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, juga instansi seperti Kemenkes, Imigrasi, lalu lintas perpindahan manusia patut dilakukan kewaspadaan tingat tinggi," tuturnya saat membuka Diskusi Reboan bertajuk "Bersatu Menghadapi Endemik Virus Corona di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020).

Diskusi Reboan bertajuk
Diskusi Reboan bertajuk "Bersatu Menghadapi Endemik Virus Corona" di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020). (Ist for tribunnews.com)

Cak Imin mengatakan, beberapa negara bahkan telah membuat kebijakan untuk menutup diri dan menghentikan pintu lalu lintas migrasi.

"Indonesia tak menutup kemungkinan itu ataupun membuat pintu monitor dan antisipasi sehingga Imigrasi diawasi dengan ketat. Sebagaimana kita juga diawasi ketat ketika masuk negara lain sebagai langkah antisipasi," serunya.

Menurutnya, ada sejumlah langkah yang perlu ditekankan dalam mencegah penyebaran virus corona di antaranya Kemenkes dan lembaga lain terkait harus secepatnya memberikan informasi secara detail dan seluas-luasnya kepada masyarakat mengenai langkah pencegahan dan sebagainya.

"Makanya, saya instruksikan kader PKB seluruhnya untuk bantu membagi desiminasikan info secara cepat dan tepat," tuturnya.

Halaman
123
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved