Kunjungi Norwegia, Wamendag Lanjutkan Misi Peningkatan Kinerja Ekspor

Wamendag berkunjung ke Norwegia untuk menghadiri peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Norwegia.

Kunjungi Norwegia, Wamendag Lanjutkan Misi Peningkatan Kinerja Ekspor
Istimewa
Foto. 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berkunjung ke Norwegia untuk menghadiri peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Norwegia.

Lawatan ini mengawali rangkaian kunjungan kerja Wamendag ke beberapa negara dalam misi meningkatkan kinerja ekspor Indonesia melalui berbagai perjanjian kerja sama ekonomi.

"Ini langkah meningkatkan hubungan kerja sama di bidang diplomatik, ekonomi, serta perdagangan antar kedua negara. Ini juga bisa jadi kado istimewa perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Norwegia," kata Jerry kepada wartawan, Selasa (28/1/2020).

Norwegia merupakan negara Eropa pertama yang mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Hubungan diplomatik kedua negara, secara resmi dibuka pada 25 Januari 1950.

Baca: Kredit Perbankan Langgar Karbon Neutral Potensi Sanksi Internasional

Baca: Mamit Sayangkan Penghentian Pengeboran Chevron karena Bisa Berpengaruh terhadap Produksi Migas

Baca: Cerita Wamen yang Gemari Kain Daerah Produk Indonesia

Hubungan ini terus diperkuat dalam berbagai bentuk kerja sama di berbagai bidang. Pada tahun 2018, tercatat nilai total perdagangan Indonesia dengan Norwegia mencapai angka USD 252,13 juta.

Investasi Norwegia di Indonesia juga terus meningkat pada periode 2014-2018, angkanya mencapai USD 40,2 juta.

Wamendag melihat, hubungan perdagangan dan investasi Indonesia-Norwegia masih dapat ditingkatkan melalui implementasi Indonesia-European Free Trade Association Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA).

"Kita sudah menandatangani perjanjian ini pada Desember 2018, Kementerian Perdagangan akan mendorong agar ini segera diratifikasi sehingga pelaksanaannya bisa dilakukan," kata pria 35 tahun ini.

Jerry juga mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan Wamendag untuk bisa mempercepat penyelesaian dan implementasi IE-CEPA. "Nantinya ini akan berpengaruh untuk kinerja ekspor kita ke Eropa," kata Jerry.

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved