Virus Corona

Presiden Instruksikan Evakuasi WNI di Provinsi Hubei China

“Tadi Bapak Presiden sudah memerintahkan agar evakuasi WNI Provinsi Hubei dilakukan segera,” ucap Retno seperti dikutip dari Sekretariat Presiden.

Wikipedia
C130 Hercules, akan digunakan TNI AU untuk evakuasi WNI di Wuhan 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan jajarannya untuk segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). 

Keputusan ini diambil oleh Presiden setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, dan Kepala BNPB Doni Monardo di ruang tunggu Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis, (30/1/2020).

“Tadi Bapak Presiden sudah memerintahkan agar evakuasi WNI Provinsi Hubei dilakukan segera,” ucap Retno seperti dikutip dari Sekretariat Presiden.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengatakan sudah meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi agar mulai mengkaji opsi evakuasi Warga Negara Indonesia di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Pernyataan Jokowi tersebut menyusul langkah Amerika Serikat dan Jepang yang sudah mengevakuasi warganya di Hubei karena mewabahnya virus Corona tersebut.

"Tadi sudah saya sampaikan pagi tadi saya sampaikan kepada Menlu untuk mulai menjajaki mengenai itu (evakuasi ) tapi juga tahapan-tahapannya baru sore ini kita lakukan," katanya di Puspitek, Tangerang Selatan, Kamis, (30/1/2020).

Menurut Presiden ada sejumlah langkah yang harus ditempuh untuk mengevakuasi WNI di Wuhan China. Termasuk bagaimana penanganan di dalam negeri apabila evakuasi dilakukan.

"Kemudian setelah dibawa ke sini apakah ada karantina dalam jumlah banyak itu di mana ini hal seperti ini jangan dianggap gampang, harus disiapkan betul karena ini menyangkut sekali lagi ini, menyangkut virus," katanya. 

Menurut Presiden keputusan apakah pemerintah akan mengevakuasi WNI di Wuhan akan diputuskan sore ini dalam rapat internal. "Kita putuskan setelah rapat," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved