BNPB: 91 Orang Meninggal Dunia Akibat Bencana Sepanjang Januari 2020

Badan Nasional Penanggulan Bencana atau BNPB mencatat sebanyak 91 orang meninggal dunia akibat bencana selama Januari 2020.

BNPB: 91 Orang Meninggal Dunia Akibat Bencana Sepanjang Januari 2020
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo saat memberikan keterangan pers terkait penanganan Gempa Banten, Sabtu (3/8/2019) di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulan Bencana atau BNPB mencatat sebanyak 91 orang meninggal dunia akibat bencana selama Januari 2020.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo mengatakan sebanyak 91 orang tersebut meninggal dalam 297 kejadian bencana.

"Telah terjadi 297 kejadian bencana yang menyebabkan 91 orang meninggal dunia, dua orang hilang, dan 120 orang luka-luka," kata Agus Wibowo di kantor BNPB, Jakarta Timur, Jumat (31/1/2020).

Baca: Persija Jakarta Segera Tuntaskan Transfer Marc Klok, Lini Tengah Macan Kemayoran Semakin Menakutkan

Selain itu, Agus mengatakan sebanyak 893.996 orang mengungsi akibat bencana selama Januari 2020 tersebut.

"Sebanyak 10.613 unit rumah rusak. 2.401 rusak di antaranya rusak berat, 1.671 rusak sedang, 6.541 rusak ringan, 132 fasilitas pendidikan rusak, 103 fasilitas peribadatan rusak, 11 fasilitas kesehatan rusak, 44 unit kantor rusak, dan 82 jembatan rusak," kata Agus.

Baca: Banjir Bandang di Bondowoso, Warga Kaget Padahal Cuma Hujan Gerimis

Agus mengatakan, bencana hidrometeorologi berupa banjir dan tanah longsor mendominasi kejadian bencana di awal tahun 2020 di sejumlah wilayah di Indonesia.

Diantara daerah yang terdampak banjir, yaitu Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang (Jabodetabek)

Selain itu, banjir dan longsor juga terjadi di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Kabupaten Lebak-Banten, dan Kabupaten Bandung.

Baca: Foto Empat Orang Pelajar Hilang Usai Pamit Keluar Sekolah: Ngakunya Cari Penjual Durian di Jakarta

Terdapat juga kejadian puting beliung juga terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"BNPB juga mencatat, ada lima provinsi dengan jumlah kejadian bencana terbanyak yakni Jawa Tengah 80 kejadian, Jawa Barat 46 kejadian, Jawa Timur 44 kejadian, Sulawesi Selatan 29 Kejadian, dan Aceh 13 Kejadian," kata Agus.

Sedangkan lima kabupaten dengan jumlah kejadian bencana terbanyak yakni Kabupaten Cilacap 13 Kejadian, Kabupaten Jepara 13 kejadian, Kabupaten Ciamis delapan kejadian, Kabupaten Cirebon enam kejadian, dan Kota Tasikmalaya enam kejadian.

"Kebakaran hutan dan lahan juga masih terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, antara lain di Provinsi Aceh, Riau, Maluku, dan Kalimantan Timur," kata Agus.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved