Jokowi Resmikan Underpass Yogyakarta Internasional Airport : Panjang Terowongan 1,3 Km, Pecah Rekor

Presiden Jokow Widodo Meresmikan Underpass Yogyakarta Internasional Airport, Ia Menyebut Underpass Tersebut Terowongan Terpanjang di Indonesia

Jokowi Resmikan Underpass Yogyakarta Internasional Airport : Panjang Terowongan 1,3 Km, Pecah Rekor
TRIBUNNEWS.COM/BIRO PERS
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan underpass Yogyakarta International Airport (YIA), Jumat (31/1/2020). Acara tersebut merupakan salah satu agenda dalam kunjungan kerja Presiden ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Underpass Yogyakarta Internasional Airport (YIA) merupakan Terowongan terpanjang di Indonesia, sepanjang 1,3 km dan dengan masing-masing lebar 7,25. Pengerjaan terowongan ini dilakukan selama setahun oleh kementarian PUPR dan pelaksana pengerjaan oleh WIKA. TRIBUNNEWS.COM/Agus Soeparto 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan lintas bawah (underpass) Yogyakarta International Airport (YIA) pada Jumat (31/1/2020).

Underpass tersebut menjadi terowongan terpanjang di Indonesia.

Tercatat panjang terowongan tersebut mencapai 1,3 kilometer.

"Pada sore hari ini kita meresmikan terowongan terpanjang. Ini 1,3 kilometer," kata Jokowi yang dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (31/1/2020).

"Terowongan terpanjang di Indonesia yang juga salah satu dari keseluruhan proyek Yogyakarta International Airport," tambah Jokowi.

Ornamen geblek di bagian divider jalan Underpass YIA.
Ornamen geblek di bagian divider jalan Underpass YIA. (TribunJogja)

Diketahui, underpass tersebut dibangun untuk mempertahankan eksistensi ruas jalan nasional Pantai Selatan Jawa (Pansela).

Pansela tersebut menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta serta memperlancar arus lalu lintas warga Kulon Progo dan sekitarnya.

Perlu diketahui juga, sebelumnya pembangunan Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) ini memotong ruas jalan Pansela.

Struktur underpass tersebut terdiri atas konstruksi terowongan sepanjan g1.095 meter, dan jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter.

UNDERPAS BERFUNGSI NORMAL - Penguna melintas dengan normal usai air mengenangi Underpass Kemayoran, Jakarta Pusat,  Senin (27/1/2020). Sekitar tiga hari non-stop petugas gabungan menyedot genagan lebih 3 meter mengunakan sekitar 12 mesin penyedot. (Warta Kota/Henry Lopulalan)
UNDERPAS BERFUNGSI NORMAL - Penguna melintas dengan normal usai air mengenangi Underpass Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020). Sekitar tiga hari non-stop petugas gabungan menyedot genagan lebih 3 meter mengunakan sekitar 12 mesin penyedot. (Warta Kota/Henry Lopulalan) (Wartakota/henry lopulalan)

Lebar underpass tersebut sebesar 7,85 meter, dengan clearence atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter.

Halaman
12
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved