Eksklusif Tribunnews

Terobosan Deradikalisasi Menag Fachrul Razi: Konsep Bandulan Hingga Penceramah Bersertifikat

"Banyak hal yang mengejutkan saya, 6 kotak prioritas 2030 Saudi Arabia salah satunya itu menguatkan identitas Islam dan kebangsaan,"

Terobosan Deradikalisasi Menag Fachrul Razi: Konsep Bandulan Hingga Penceramah Bersertifikat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Agama Fachrul Razi menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (31/1/2020). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Jenderal Purnawirawan TNI Fachrul Razi genap menjabat sebagai menteri agama selama 100 hari di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Kiai Maruf Amin.

Di masa kepemimpinannya, Kementerian Agama memiliki pekerjaan rumah. Salah satunya, menanggulangi isu radikalisme yang sempat merebak akhir tahun 2019 lalu melalui sejumlah teror. Mulai dari bom bunuh diri, isu aparatur sipil negara terpapar radikalisme.

Menanggapi isu ini, Menag Fachrul Razi bersama jajarannya di Kementerian Agama (Kemenag) kemudian menyusun trobosan baru dalam upaya deradikalisasi masyarakat di Indonesia.

Satu trobosan yang telah dipersiapkan adalah moderasi umat beragama. Dalam hal ini, Kemenag akan melakukan sosialisasi moderasi beragama melalui konsep yang ia sebut bandulan.

"Kita punya konsep adalah program akademik kita, adalah moderasi beragama. Yang kita beratkan di sana bukan agamanya, namun cara kita beragama," kata dia.

"Moderasi agama itu nanti kita sosialisasikan dengan konsep bandulan -- pada sisi yang satu adalah yang sangat konservatif, yang satu lagi sangat liberal. Kita upayakan agar keduanya ini tidak terlalu jauh dari gerak gravitasi," katanya saat diwawancarai khusus Tribun Network di Kantor Kementerian Agama, Jakarta (31/1/2020).

"Kalau kita bicara masalah keadilan sesuai dengan konsep bandulan pasti berhenti di gravitasi ya. Jadi, yang kita usahakan, menekankan agar keduanya bisa lebih mendekat," katanya menambahkan.

Dalam menyebarkan gagasan moderasi beragama kepada pihak yang dinilai konservatif, Fachrul Razi mengajaknya melalui pendidikan atau membuat pelajaran yang membuat kaum konservatif menjadi lebih terbuka.

Menteri Agama Fachrul Razi berpose usai wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (31/1/2020). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Agama Fachrul Razi berpose usai wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (31/1/2020). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Kemudian, upaya deradikalisasi juga dilakukan dalam pengajian yang diselenggarakan. Fachrul Razi mengungkapkan, Kemenag menyarankan agar tiap penceramah, dalam memberikan dakwah, lebih menekankan menjaga kesatuan dan persatuan, bukannya menyebarkan kebencian.

Halaman
12
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved