Breaking News:

China Laporkan Munculnya Virus Flu Burung, Kemenkes Koordinasi dengan Kementerian Pertanian

Virus flu burung sejauh ini baru menular antar unggas belum dilaporkan menular dari hewan ke manusia.

IB TIMES
Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana Nasional (NHFPC) China melaporkan satu kasus infeksi virus avian influenza A (H7N4) terhadap salah seorang warga, pada 14 Februari 2018 lalu. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belum selesai wabah Novel Coronavirus, China sudah melaporkan wabah virus lainnya yakni virus H5N1 atau flu burung.

Kejadian flu burung ini berawal terjadi di sebuah peternakan di kota Shaoyang, di Hunan Selatan dengan kasus kematian 4.500 ekor ayam akibat flu burung

Virus flu burung sejauh ini baru menular antar unggas belum dilaporkan menular dari hewan ke manusia.

Sebagi langkah antisipasi penyakit Kementerian Kesehatan pun terus memantau perkembangan wabah flu burung di China tersebut.

Baca: Sebut Beda Virus Corona dengan Flu Burung dan SARS, Ketua IDI Imbau Warga Tak Khawatir, Ini Sebabnya

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Masyarakat Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono menjelaskan pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Kementerian Pertanian untuk lebih meningkatkan perhatian pada peternakan.

“Kami belum buat surat edaran, kami kontak dengan Kementan yang sedang bersama dengan staf kami ke Jawa Tengah untuk meningkatkan kewaspadan di peternakan,” kata Anung di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

Kepada masyarakat Kementerian Kesehatan tetap mengingatkan tentang pentingnya menjaga kesehatan untuk melawan virus masuk ke dalam tubuh.

“Untuk kewaspadaan dan peningkatan pengamanan serta tanggung jawab masyarakat tentang menjaga kesehatan dirinya sangat pentihg dan harus terus kita tingkatkan,” tutur Anung.

Sebelumnya pada 20 Januari 2020, Kementerian Kesehatan China menyebutkan flu burung yang sangat patogen terjadi pada angsa (H5N6). 

Kemudian setelah beredarnya wabah tersebut pemerintah China telah memusnahkan 17.828 unggas.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved