Gus Sholah Meninggal Dunia

Gus Sholah Tokoh Cinta Damai dan Tidak Mau Ribut-ribut

Gus Sholah juga dikenal sebagai orang dan atau tokoh yang cinta damai dan tidak mau ribut-ribut.

Gus Sholah Tokoh Cinta Damai dan Tidak Mau Ribut-ribut
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pelayat memenuhi rumah duka KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, di Jakarta, Senin (3/2/2020). Adik kandung Presiden keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu meninggal dalam usia 77 tahun di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita setelah berjuang melawan sakit yang dideritanya dan rencananya akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Almarhum KH Solahuddin Wahid atau Gus Sholah yang wafat pada Minggu (2/2/2020) malam, dikenal sebagai tokoh cinta damai.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan hal itu terlihat dari almarhum yang tidak mau ribut-ribut.

"Gus Sholah juga dikenal sebagai orang dan atau tokoh yang cinta damai dan tidak mau ribut-ribut. Oleh karena itu beliau sangat mendorong dan mendambakan tegaknya sikap bertoleransi yang tinggi di tengah-tengah masyarakat dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Anwar, ketika dihubungi Tribunnews.com, Senin (3/2/2020).

Baca: Wamenag RI: Gus Sholah Tokoh NU yang Demokratis dan Terbuka pada Semua Golongan

Anwar menilai Gus Sholah sangatlah sadar untuk menegakkan dan mewujudkan kehidupan penuh toleransi itu tidak mudah.

Menurut Gus Sholah, kata Anwar, cara untuk mewujudkan hidup yang penuh toleransi adalah dengan saling menghormati dan menilai toleransi sebagai hal yang sangat penting.

Baca: Jokowi Ucap Duka Cita Atas Meninggalnya Adik Gus Dur, Gus Sholah: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun

"Dalam pandangan beliau hidup dengan sikap saling menghormati dan atau bertoleransi tersebut menjadi sesuatu yang sangat penting dan sangat perlu untuk terus kita gelorakan. Yang harus kita sosialisasikan di tengah-tengah kehidupan ini sampai kapanpun," tandasnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved