Indonesia-Singapura Sepakat Tingkatkan Kerja Sama di Sejumlah Bidang

"Hubungan erat yang telah kita bangun bukan hanya di bidang ekonomi tapi juga hubungan antarmasyarakat," kata Presiden Jokowi

Indonesia-Singapura Sepakat Tingkatkan Kerja Sama di Sejumlah Bidang
WARTA KOTA/Alex Suban
Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana berbincang dengan Presiden Republik Singapura, Halimah Yacob Bapak Negara Singapura Mohamed Abdullah Alhabshee saat kunjungan kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/3/2020). Tamu negara disambut dengan pasukan kehormatan berkuda dengan kostum tradisional dan para siswa SD berbaju Nusantara.. Warta Kota/Alex Suban 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Indonesia dan Singapura sepakat untuk meningkatkan kerja sama di beberapa bidang, seperti investasi, hubungan antarmasyarakat, hingga pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan.

Hal tersebut tercermin dari kunjungan kenegaraan Presiden Singapura Halimah Yacob ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (4/2/2020).

Baca: Bertemu Halimah Yacob, Maruf Amin Ingin Indonesia-Singapura Kolaborasi Tangkal Virus Corona

Saat memberikan pernyataan pers bersama, Presiden Jokowi mendorong kedua negara untuk terus memperkokoh hubungan yang saling menguntungkan, terutama mengingat kedua negara merupakan tetangga dekat.

"Hubungan erat yang telah kita bangun bukan hanya di bidang ekonomi tapi juga hubungan antarmasyarakat," kata Presiden Jokowi sesuai keterangan pers Biro Pers Istana Kepresidenan, Selasa.

Dalam pertemuan bilateral, kedua kepala negara membahas dua hal besar, yaitu kemajuan hubungan setelah pertemuan Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, pada Oktober 2019 yang lalu, dan kerja sama investasi serta hubungan masyarakat.

"Saya sangat puas dengan kemajuan kerjasama kita, antara lain ditandatanganinya yang pertama, selesainya negoisasi perjanjian persetujuan penghindaran pajak berganda yang tadi telah kita saksikan dan telah ditandatangani," ujarnya.

Kedua, selesainya perundingan dan telah ditandatanganinya kerja sama penegakan hukum kepabeanan antara Direktorat Jenderal Bea Cukai dengan Singapore Police Coast Guard. Ketiga, implementasi RISing (Republic Indonesia-Singapore) Fellowship Program berupa pelatihan sejumlah kepala daerah dari Indonesia.

"Yang keempat telah disepakatinya perpanjangan repurchase agreement pada November 2019 antara Bank Indonesia dengan Monetary Authority of Singapore, dan yang kelima realisasi dan penguatan kerja sama dalam pelatihan industri 4.0," imbuhnya.

Selain itu, kedua kepala negara juga membahas kerja sama di bidang investasi dan pengembangan sumber daya manusia. Menurut Presiden Jokowi, Singapura adalah negara sumber investasi terbesar di Indonesia sejak 2014.

Halaman
12
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved