Breaking News:

Xanana Gusmao: Republik Demokratik Timor Leste Minta Bantuan Indonesia Tangani Virus Corona

"Ya, karena harus mengerti bahwa kita tidak punya fasilitias. Tidak punya apa-apa, oleh karena itu kita minta kalau bisa," katanya

Istimewa
Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) Xanana Gusmao 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) Xanana Gusmao membenarkan kabar yang menyebutkan RDTL meminta bantuan kepada Republik Indonesia terkait penanganan virus Corona.

Xanana mengatakan hal itu karena RDTL tidak memiliki fasilitas untuk penanganan virus Corona.

Baca: Dua Surat Xananao Gusmao untuk Keluarga Almarhum BJ Habibie

"Ya, karena harus mengerti bahwa kita tidak punya fasilitias. Tidak punya apa-apa, oleh karena itu kita minta kalau bisa, seperti negara-negara lai. Bantuan ini bukan suatu bantuan yang eksklusif bagi kami kan," kata Xanana di kantor Kemenkopolhukam Jakarta Pusat pada Selasa (4/2/2020).

Xananan pun mengatakan, ia percaya Indonesia punya kemampuan yang lebih besar ketimbang negaranya untuk menangani virus Corona tersebut.

"Oleh karena itu ini sesuatu yang global, bukan Timor Leste dan Indonesia. Dan saya percaya bahwa karena Indonesia punya kemampuan yang lebih besar dari pada kami, akan membantu kami untuk mengatasi situasi ini," kata Xanana.

Xanana membantah ketika ditanya apakah pertemuannya dengan Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membahas terkait permintaan bantuan tersebut.

Ia mengatakan, pertemuannya dengan Mahfud hanya membahas terkait dengan masalah perbatasan.

Ia mengatakan, urusan permintaan bantuan dari RDTL tersebut merupakan urusan pemerintah sedangkan kehadirannya di kantor Kemenko Polhukam adalah sebagai utusan.

"Tidak. Itu antara pemerintah," kata Xanana.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved