Didampingi Menag Fachrul Razi, Jokowi Tinjau Renovasi Masjid Istiqlal Jakarta

Presiden tampak didampingi oleh Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri PUPR Basuki Hadi, Menteri Sekretaris Negera Pratikno

TRIBUNNEWS.COM/Fransiskus Adhiyuda
Presiden Jokowi meninjau Masjid Istiqlal 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau renovasi Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (7/2/2020).

Pantauan Tribunnews, sekitar pukul 09.00 WIB, Presiden Jokowi yang tampak mengenakan pakaian kemeja putih serta berpeci hitam tiba di halaman Masjid Istiqlal Jakarta.

Presiden tampak didampingi oleh Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri PUPR Basuki Hadi, Menteri Sekretaris Negera Pratikno, serta jajaran petinggi Waskita.

Jokowi mengecek beberapa titik di dalam dan bagian Masjid Istiqlal. Ia tampak memperhatikan secara detail bagunan Masjid Istiqlal yang di renovasi.

Baca: Nikita Mirzani Unggah Lagi Pesan Suara Sajad Ukra, Sebut Nyai Masuk Penjara Bukan karena Dipo Latief

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga sesekali mendengarkan dan menyimak paparan terkait Menteri PUPR Basuki dan jajaran Waskita terkait pekerjaan renovasi masjid itu.

Jokowi mengatakan, renovasi total Masjid Istiqlal sudah dimulai sejak tahun lalu.

Ia berharap sebelum Ramadhan, renovasi ini sudah selesai sehingga masjid bisa dipakai secara optimal.

"Kita harapkan nanti sebelum Ramadhan sudah bisa selesai sehingga bisa dipakai," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, renovasi Masjid Istiqlal saat ini adalah yang terbesar sejak 41 tahun lalu.

Apalagi, anggaran yang dipakai untuk kegiatan ini cukup besar, yakni sekitar Rp 465 miliar.

"Ini adalah renovasi besar sejak 41 tahun yang lalu. Karena anggaran yang diperlukan untuk ini cukup gede, 465 miliar yang dipakai untuk memperbaiki, memoles lantai, mengganti karpet, lighting, sound system, semuanya," jelasnya.

"Menambah basement yang di depan, parkirnya basementnya ditambah sehingga nanti parkir tidak masuk ke sini. Ini batas suci di sini. Juga pembangunan landscape di luar, bukan hanya interior, eskterior, semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi," ungkapnya.

Renovasi Masjid Istiqlal dilaksanakan oleh PT Waskita Karya sebagai kontraktor pelaksana dan PT. Virama Karya selaku konsultan manajemen konstruksi.

Nilai kontrak pelaksanaan renovasi sebesar Rp 465,3 miliar dengan masa pekerjaan 300 hari kalender menggunakan APBN Tahun Jamak (2019-2020). Selama proses renovasi, jamaah tetap dapat melakukan kegiatan ibadah di Masjid Istiqlal.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved