Harun Masiku Buron KPK

Riezky Aprilia Bantah Diminta Mundur: Gimana Mau Mundur, Suara Saya Tertinggi di PDIP Sumsel

Riezky Aprilia menyatakan tak ada upaya Hasto untuk memintanya mundur dari partai banteng.

Riezky Aprilia Bantah Diminta Mundur: Gimana Mau Mundur, Suara Saya Tertinggi di PDIP Sumsel
DPR-RI
Anggota Komisi IV DPR RI Riezky Aprilia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama hampir empat jam, Riezky Aprilia menjalani pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Begitu ke luar dari markas KPK sekira pukul 13.44 WIB, ia menyinggung nama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR Puan Maharani.

"Enggak ada lah. Partai ini kan ketumnya itu perempuan, saya perempuan, ketua DPR perempuan, semua perempuan. Masa (disuruh mundur), ya enggak lah," ucap Riezky, Jumat (7/2/2020).

Pernyataan itu dilontarkan Riezky ketika ada awak media yang menanyakan apakah dirinya diminta mundur dari partai. Pasalnya, posisi Riezky di DPR tengah 'digoyang' Harun.

Riezky merupakan caleg dari dapil Sumatera Selatan I yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pleno untuk menggantikan Nazaruddin Kiemas yang meninggal dunia tiga pekan sebelum Pemilu berlangsung.

Riezky Aprilia, anggota DPR RI dari Dapil Sumsel 1 berasal dari PDI Perjuangan
Riezky Aprilia, anggota DPR RI dari Dapil Sumsel 1 berasal dari PDI Perjuangan (Istimewa)

Pada Pemilu 2019 lalu dia berhasil mengantongi 44.402 suara pemilih. Namanya bertengger di urutan kedua.

Hanya kalah dari Nazaruddin Kiemas (145.752 suara), ipar Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Nazaruddin Kiemas meninggal tiga minggu sebelum pencoblosan dilakukan.

Kemudian, KPU mencoret nama Nazaruddin Kiemas dari Daftar Calon Tetap sebagaimana Keputusan KPU Nomor 896/PL.01.4-Kpt/06/KPU/IV/2019 tanggal 15 April 2019 tentang Perubahan Keenam Daftar Calon Tetap DPR RI Pemilu Tahun 2019.

Baca: Garap Kasus Suap Harun Masiku, KPK Telisik Proses Pencalonan Riezky Aprilia Dalam Pileg 2019

Baca: Update Jadwal SKB CPNS 2019: Dilaksanakan Mulai 25 Maret 2020 hingga 10 April 2020, Ini Tahapannya

Lalu, sesuai Keputusan KPU Nomor 987/PL.01.8-Kpt/06/KPU/V/2019 tanggal 21 Mei 2019, hasil rekapitulasi perolehan suara PDIP untuk Dapil Sumatera Selatan I, Riezky Aprilia berhak melenggang ke Senayan, menggantikan Nazaruddin.

Namun, PDIP justru menginginkan Harun Masiku duduk di kursi DPR, menggusur Riezky, meski caleg buronan tersebut hanya memeroleh 5.878 suara, alias berada di peringkat ke-6 di dapil Sumatera Selatan I.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved