Breaking News:

Ibu Kota Baru

Bappenas Paparkan Konsep One River One Management di Ibu Kota Baru

"Jadi di daerah ibu kota yang (warna) hijau ini yang tengah-tengah itu sebesar Manhattan. Itu di dalamnya banyak sungai-sungai," katanya

Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata dalam acara Dialog Nasional VI Pemindahan Ibu Kota Negara bertajuk 'Menuju Ibu Kota Negara Lestari dan Berkelanjutan' di Gedung Bappenas, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020) siang 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pematangan rencana pemindahan ibu kota baru negara di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur terus digodok pemerintah.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas pun menggelar agenda Dialog Nasional VI terkait Pemindahan Ibu Kota Negara yang bertajuk 'Menuju Ibu Kota Negara Lestari dan Berkelanjutan'.

Baca: Bukan di Jakarta, Pemerintah Pastikan CPNS yang Lolos Akan Bertugas di Ibu Kota Baru

Dalam acara tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata menyampaikan paparannya mengenai konsep 'One River, One Management' untuk pembangunan ibu kota baru ini.

Di Kalimantan, terdapat banyak lahan hijau maupun hutan, sehingga ini menjadi poin penting yang harus dipikirkan agar pembangunan ibu kota baru tidak mengurangi persentase dari kawasan hijau tersebut.

Sambil menunjuk paparannya, ia menyebut ada satu kawasan yang harus dijaga kelestarian alamnya dan luasnya seluas wilayah Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS).

"Jadi di daerah ibu kota yang (warna) hijau ini yang tengah-tengah itu sebesar Manhattan. Itu di dalamnya banyak sungai-sungai, nah ini yang akan kita jaga," ujar Rudy, dalam acara yang digelar di Gedung Bappenas, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020) siang.

Di kawasan itu nantinya akan diterapkan konsep One River, One Management karena pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) harus dilakukan secara utuh yakni dari hulu sampai hilir dan melibatkan semua pihak terkait.

"Nanti kita akan menerapkan konsep One River One Management, karena memang betul kita harus betul-betul menjaga (sungai-sungai itu)," jelas Rudy.

Ia pun tidak mau bencana banjir yang terjadi berulang kali di Jakarta, terulang di ibu kota baru nantinya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved