Breaking News:

Virus Corona

Pemerintah Kaji Subsidi untuk Hotel dan Penerbangan di Wilayah yang Pariwisatanya Anjlok

Insentif terutama untuk maskapai penerbangan domestik dan hotel di daerah yang mengalami penurunan jumlah wisatawan secara signifikan.

Tribunnews/Yanuar Riezqi Yovanda
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

TRIBUNNEWS .COM, JAKARTA - Pemerintah sedang mengkaji insentif di sektor pariwisata yang mengalami penurunan akibat wabah virus Corona.

Insentif terutama untuk maskapai penerbangan domestik dan hotel di daerah yang mengalami penurunan jumlah wisatawan secara signifikan.

"Apakah bisa dikaji insentif subsidi kepada penerbangan terutama domestik, turis lokal dalam rangka meningkatkan belanja dari masyarakat untuk menopang sektor pariwisata," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020).

Baca: Polisi Ditanya Wartawan, Lucinta Luna Ditahan di Sel Perempuan atau Laki-laki ? Begini Jawabannya

Baca: Ali Mochtar Ngabalin: Kalau ISIS Menang, Apakah Mereka Tetap Minta Pulang ke Indonesia?

Insentif tersebut sekaligus merupakan bagian dari langkah presiden yang memerintahkan kementerian dan lembaga mempercepat penyerapan belanja anggaran di awal tahun 2020.

"Ini semua belanja yang bisa dipercepat dalam rangka untuk mendorong, yang kita akan kaji pertama apakah bisa buat kegiatan di pusat turis yang alami penurunan cukup besar karena corona virus ini, jadi lebih ke alokasi," katanya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pemerintah masih mengkaji konsep insentif diskon yang akan diberikan bagi penerbangan domestik dengan tujuan Bali, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Utara yang anjlok akibat wabah virus Corona.

"Ya baru konsep ya. Belum ada satu keputusan," kata Menhub usai Rapat Kabinet di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, (11/2/2020).

Konsep yang paling memungkinkan untuk diterapkan kata Budi yakni pemberian voucher. Pasalnya melalui voucher, insentif langsung terasa oleh pengguna atau wisatawan.

"Paling simple kasih voucher," katanya.

Menurutnya pemerintah tidak memberikan insentif melalui harga avtur pesawat karena efeknya tidak akan langsung.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved