Kongres PAN

Politisi PAN Pangeran Khairul Saleh Puji Zulkifli Hasan: Kita Perlu Pemimpin Seperti Itu

"Saya mohon maaf ke Pak Amien, Bu Amien dan keluarga atas apa yang terjadi. Dan mudah-mudahan pada kesempatan yang tepat nanti saya akan

Politisi PAN Pangeran Khairul Saleh Puji Zulkifli Hasan: Kita Perlu Pemimpin Seperti Itu
ISTIMEWA
Politisi PAN Pangeran Khairul Saleh 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Politisi PAN Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga Anggota DPR RI FPAN Pangeran Khairul Saleh memberi ucapan selamat atas terpilihnya Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai ketua umum dua periode berturut-turut. Kalsel sendiri diketahui merupakan daerah loyalis dan basis suara Zulhas.

Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) V di Kendari, Sulawesi Tenggara, berakhir Selasa (11/2/2020) malam lalu. Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan keluar sebagai pemenang mengalahkan, dua kandidat lainnya yakni, Mulfachri Harahap dan Drajad Wibowo. Kandidat ketum lain, Asman Abnur mundur sebelum pemilihan.

Menurut Pangeran, untuk pertama kalinya Zulhas menjadi ketum PAN dua periode. Sejak partai ini berdiri, belum ada ketua umum bisa menjabat dua periode.

Baca: Kongres PAN Ricuh, Gus Nadir Ingatkan PAN Lahir dari Proses Reformasi, Yunarto Wijaya Beri Sindiran

"Selamat mendapat amanah menjadi Ketum PAN dua periode. Sekaligus meralat mitos bahwa tidak ada Ketum PAN yang bisa menjabat dua kali. Zulhas sekaligus juga menggugurkan bahwa PAN semakin cerdas memilih pemimpinnya bukan karena pengaruh ketokohan seseorang," ungkap Pangeran.

Anggota Komisi III DPR ini mengaku salut atas keinginan Zulhas untuk merangkul semua pihak, untuk bersama-sama membesarkan partai. Dikatakan, Zulhas merencanakan mendatangi kediaman Amien Rais untuk sowan dan silaturahim kepada tokoh pendiri PAN tersebut. 

"Saya setuju Amien itu identik dengan PAN, PAN adalah Amien Rais, Amien Rais adalah PAN," kata Pangeran.

Baca: Anies Sebut Waktu unuk Mempersiapkan Ajang Balap Formula E Relatif Terbatas

Baca: Berkat VR, Seorang Ibu Bisa Bertemu Anaknya yang Sudah Meninggal, Akhirnya Banjir Air Mata

Pangeran memuji Zulhas orangnya Agamis, rendah hati dan sangat menghargai orang tua dan tokoh senior, selalu mengalah dengan orang yang memusuhinya atau dengan rival nya, bahkan berlebihan saya melihat suka gak tahan, selain hormat dan kasih dengan yang muda, Salut dengan beliau.

Baca: Hasil Uji Kandungan dan Berat Benda yang Diduga Emas Batangan Bergambar Soekarno di Jambi

"Bang Zulhas orangnya santun, murah hati selalu senyum, positive thingking dan visioner," kata Pangeran.

Zulhas usai kongres, mengaku belum menentukan arah partai apakah akan berkoalisi atau menjadi oposisi Pemerintahan Jokowi. Zulkifli mengatakan PAN tidak akan masuk ke dalam pemerintahan, tapi juga tidak sebagai oposisi pemerintah.

"Kita akan jadi mitra kritis, bisa memberikan solusi masalah-masalah yang dihadapi. Masuk tidak, oposisi juga tidak," ujar Zulhas.

Baca: Kesedihan Tamara Bleszynski, Ayahnya Telah Meninggal 19 Tahun Lalu tapi Masih Terus Ditagih Utang

Yang terpenting, katanya ada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan. "Pak Prabowo jadi Menhan. Cukup Pak Prabowo saja yang di sana," kata Zulkifli.

Zulkifli juga tidak menentukan posisi Amien Rais dalam struktural PAN. Saat ini, ia baru akan mendiskusikannya terlebih dulu dengan tokoh senior PAN lain. "Nantilah kita kan baru (Kongres V), nanti kita diskusikan lagi," kata Zulkifli.

Pada penutupan Kongres V, Zulkifli menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga Amien Rais. Bahkan Zulhas akan mendatangi Amien Rais usai Kongres V PAN ini.

Baca: Gelandang Bali United Masuk dalam 5 Pemain Terbaik Piala AFC 2020 Zona ASEAN

"Saya mohon maaf ke Pak Amien, Bu Amien dan keluarga atas apa yang terjadi. Dan mudah-mudahan pada kesempatan yang tepat nanti saya akan datang ke Yogya," tutur Zulkifli.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved