Virus Corona

Proses Pemeriksaan Dugaan COVID-19 di Laboratorium Litbangkes

Lebih tepatnya penelitian sampel dugaan dilakukan di Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sri Oemijati yang terletak

Proses Pemeriksaan Dugaan COVID-19 di Laboratorium Litbangkes
Apfia Tioconny Billy/Tribunnews.com
Prof. Dr. Sri Oemijati di Pusat Balitbangkes, Jakarta Pusat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Di Indonesia proses pemeriksaan sampel dugaan kasus novel coronavirus yang kini diberi nama COVID-19 dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes).

Lebih tepatnya penelitian sampel dugaan dilakukan di Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sri Oemijati yang terletak di bagian belakang kantor Balitbangkes.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Dr. dr. Vivi Setiawaty, M.Biomed menyebutkan laboratoriun milik Balitbangkes memiliki kriteria Biosafety Level (BSL) 2 dari World Health Organization (WHO).

“Itu sudah ada pedomannya dan semua negara menggunakan BSL 2. Kita tidak keluar dari alur minimal yang ditetapkan WHO,” kata Vivi di Balitbangkes.

Baca: 15 Februari Observasi WNI di Natuna Selesai, Keluarga Lega Dista dan Husnia Tak Terjangkit Corona

Baca: FOTO Kota Wuhan Merah Menyala, Satelit Sempat Rekam Kota Asal Virus Corona Itu, Ini Penjelasannya

Sementara ini sudah ada 64 specimen dari 16 Provinsi di Indonesia yang diperiksa di Balitbangkes dan hasilnya 62 specimen negatif dan dua specimen sisanya masih dalam tahap pemeriksaan.

Adapun detil proses pemeriksaan sample novel corona virus di Lab Balitbankes yang pertama adalah menerima spesimen dugaan kasus dari rumah sakit rujukan.

Untuk kasus CODIV-2019 ini, sampel yang diambil adalah lendir yang berada di saluran pernapasan.

Kemudian usai specimen diterima langkah selanjutnya adalah proses ekstrasi untuk mengambil asam ribonukleat atau RNA.

Setelah itu RNA dicampurkan dengan reagen pan corona virus untuk mengetahui jenis virus yang diperiksa dengan metode Reverse Transcriptase Polymerase Chain Reaction (PCR).

Halaman
12
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved