Virus Corona

Karantina WNI Asal Wuhan di Natuna Berakhir Hari Ini, Jokowi: Kita Harapkan Masyarakat Menerima

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan masyarakat menerima ratusan warga yang akan pulang ke kampung halaman masing-masing setelah dikarantina.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) asal Wuhan, Hubei, China beraktivitas di depan Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Protokol kesehatan berupa karantina yang disarankan oleh Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) bagi warga yang pulang dari China akan selesai hari ini, Sabtu (15/2/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan masyarakat menerima ratusan warga yang akan pulang ke kampung halaman masing-masing hari ini.

“Kita harapkan masyarakat juga menerima apa adanya. Ya memang sudah 14 hari dikarantina dan enggak ada masalah,” ujar Jokowi, Jumat (14/2/2020) dilansir setkab.go.id.

Jokowi meminta masyarakat untuk tidak menaruh kekhawatiran dan ketakutan berlebih.

Baca: Seorang Terinfeksi Virus Corona di Hokkaido Jepang, Lainnya di Tokyo, Nagoya, Wakayama dan Okinawa

Menurut Jokowi, protokol kesehatan telah dilalui dan tidak ada masalah yang ditemukan.

Presiden Joko Widodo meninjau upaya revitalisasi lahan kritis sekitar Dam Kali Putih, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020)
Presiden Joko Widodo meninjau upaya revitalisasi lahan kritis sekitar Dam Kali Putih, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020) (Presidential Palace/Agus Suparto)

“Apa, dikit-dikit takut, ya ndaklah. Wong sudah proses protokol kesehatannya dilalui. Ya terima apa adanya, enggak ada masalah,” ujar Presiden.

Jokowi mengungkapkan proses karantina yang dilakukan di Natuna telah dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan.

“Karantina di Natuna juga di sana ketat diawasi, ketat dicek, harian dicek. Sudah, sekarang 14 hari, memang protokolnya seperti itu,” jelas Jokowi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, masa karantina warga dari Wuhan dan wilayah lain di Provinsi Hubei China yang berada di Natuna, Kepulauan Riau akan berakhir Sabtu (15/2/2020).

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Achmad Yurianto, mengungkapkan masa observasi WNI terkait virus corona akan berakhir tanggal 15 Februari 2020 pukul 12.00 WIB.

Halaman
1234
Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved