Akankah SBY Pilih AHY Jadi Suksesornya? Begini Jawaban Waketum Demokrat

Syarief pun mengungkap wajar apabila AHY digadang-gadang menjadi suksesor ayahnya. Pasalnya AHY sudah pernah memiliki berbagai pengalaman meski gagal.

Akankah SBY Pilih AHY Jadi Suksesornya? Begini Jawaban Waketum Demokrat
INSTAGRAM @agusyudhoyono
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan ucapan selamat hari ayah untuk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan belum bisa memberikan jawaban pasti apakah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menjadi suksesor Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menahkodai Partai Demokrat.

Namun, Syarief menilai kader muda Demokrat yang paling menonjol saat ini adalah AHY.

"Ya kan kita belum tahu (terkait AHY sebagai calon ketua umum tunggal Partai Demokrat, - red). Ini kan belum kongres. Kita lihat aja perkembangannya. Di Demokrat yang muda cukup banyak tapi yang paling menonjol memang saat ini AHY," ujar Syarief Hasan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Syarief pun mengungkap wajar apabila AHY digadang-gadang menjadi suksesor ayahnya. Pasalnya AHY sudah pernah memiliki berbagai pengalaman meski gagal.

Baca: AHY Calon Tunggal Ketum Partai Demokrat? Syarief Hasan Sebut Ibas Berpeluang Juga

Wakil Ketua MPR RI tersebut pada pengalaman AHY mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2017 lalu hingga disebut-sebut menjadi nominasi calon wakil presiden dalam Pilpres 2019 lalu.

"Dia (AHY) ini kan sudah pernah calon gubernur, cuma belum beruntung. Pernah juga nominasi untuk cawapres juga belum beruntung. Ini kan termasuk perjalanan hidup dan dia tetap tegar, sosok anak muda yang tegar, yang menyadari bahwa kegagalan itu keberhasilan yang tertunda," jelasnya.

Perihal apakah SBY akan memilih AHY sebagai penerusnya, Syarief menilai SBY tak akan menolak apabila mayoritas kader Demokrat juga menginginkan hal yang sama.

Baca: Rumah Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif Dilempari Batu oleh Orang Tak Dikenal, Pelaku Beraksi 2 Kali

"Artinya alami saja tentunya kalau daerah memilih. Ini kan hak suaranya kan kebanyakan di daerah, di DPD sama DPC. Kalau mayoritas memilih (AHY), tentu Pak SBY dengan ikhlas akan memberikan kepemimpinan itu kepada yang lebih muda," tandasnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved