Virus Corona

WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess akan Diobservasi Kesehatannya 28 Hari

Rencana observasi kesehatan ini sama dengan yang dijalani oleh 238 WNI di Natuna kemarin

WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess akan Diobservasi Kesehatannya 28 Hari
Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Jumat (21/2/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Jika pemerintah jadi mengevakuasi 74 Warga Negara Indonesia (WNI) kru kapal Diamond Princess, maka seluruh WNI tersebut akan menjalani masa observasi kesehatan.

Rencana observasi kesehatan ini sama dengan yang dijalani oleh 238 WNI di Natuna kemarin.

Hanya saja waktunya akan dua kali lebih lama atau menjadi 28 hari.

Baca: Agar Terhindar dari Penyakit Flu dan Virus Corona, Ini Tips Bersihkan Kursi Pesawat

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto menyebutkan perpanjangan ini karena virus corona menunjukkan banyak perubahan.

Seperti yang terjadi di China, saat ini yang positif virus corona minim menimbulkan gejala yang biasa ditunjukan dengan sesak napas, demam, batuk, maupun pilek.

 “Jadi sekarang gejalanya minim tetapi virusnya agak berulah. Jadi waspda makin tingkatkan, sehingga kebijakan karantina 2x14 hari atau 2 kali episode inkubasi virus,” tutur Yurianto di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Jumat (21/2/2020).

Selain minim gejala, virus corona saat ini juga diwaspadai karena timbul di luar masa 14 bari inkubasi virus, ada yang dinyatakan positif setelah 20 hari kontak dengan penderita virus corona.

“Di China keluhan muncul di hari ke-20, ini baru diakhir-akhir ini dan di luar Hubei, tapi yang kena lewat dari 14 hari muncul gejala klinisnya lebih ringan,” ucap Yurianto.

Nantinya masa 28 hari observasi kesehatan akan dimulai setelah keluar hasil screening kesehatan 74 WNI yang negatif virus corona dari otoritas kesehatan Jepang.

Halaman
123
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved