Tragedi Susur Sungai

Nadiem Terjunkan Tim Investigasi untuk Selidiki Insiden Susur Sungai SMPN 1 Turi Sleman

Nadiem mengungkapkan pihak Kemendikbud telah berada di lokasi untuk meninjau dan memberikan arahan penanganan secara langsung.

Nadiem Terjunkan Tim Investigasi untuk Selidiki Insiden Susur Sungai SMPN 1 Turi Sleman
Tribunnews.com/Reza Deni
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menerjunkan tim dari Ditjen PAUD Dasmen dan Inspektorat Jenderal untuk menginvestigasi hanyutnya siswa SMPN 1 Turi saat mengikuti kegiatan susur sungai di Turi, Sleman, DIY, Jumat (21/2/2020) sore.

Nadiem mengungkapkan pihak Kemendikbud telah berada di lokasi untuk meninjau dan memberikan arahan penanganan secara langsung.

"Kami bersama pemerintah setempat dan pihak berwajib terjun langsung ke lapangan untuk menelusuri apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi," ujar Nadiem melalui keterangan tertulis, Sabtu (22/2/2020).

Baca: Korban Giat Susur Sungai Sempor Bertambah 1 Orang, 2 Masih Belum Ditemukan

Baca: Ojek Peras Penumpang Rp 750 Ribu: Kode 25 dan 20, Korban Tidak Mau Berdamai, Nasib Pelaku

Nadiem menegaskan seharusnya sekolah terlebih dulu memastikan aspek keselamatan ketika mengadakan kegiatan yang diikuti oleh Siswa.

Menurutnya, setiap kegiatan yang diikuti siswa harus dipertimbangkan secara matang.

“Sekolah mesti benar-benar memastikan semua kegiatan di bawah pembinaan sekolah agar dapat mengutamakan keamanan dan keselamatan siswa. Itu yang terpenting. Jadi harus dipertimbangkan secara matang," tegas Nadiem.

Tindak tegas

Kabid Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Yulianto mengatakan akan menindak tegas kepada pihak yang terbukti melakukan kelalaian saat kegiatan susur Sungai di Sleman.

Termasuk juga guru, sekolah atau penyelenggara yang diduga lalai hingga mengakibatkan korban jiwa.

Diketahui, kegiatan susur sungai Sampur ratusan siswa SMPN 1 Turi, Sleman, DIY, berujung maut.

Halaman
1234
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved