Virus Corona

Pimpinan MPR Minta Pemerintah Tak Gunakan Kapal Evakuasi WNI di Jepang

Mereka betul-betul tertekan, seluruh penumpang dari berbagai kewarganegaraan dievakuasi. Indonesia saja belum ada kepastian

Pimpinan MPR Minta Pemerintah Tak Gunakan Kapal Evakuasi WNI di Jepang
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
SIAGA - Petugas melakukan kesiapan KRI Soeharso yang rencananya untuk evakuasi 74 WNI yang saat ini berada di dalam kapal pesiar Diamond Princess di Jepang. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta pemerintah merespon cepat terkait keinginan warga negara Indonesia di Jepang, yang tidak terpapar virus corona untuk dipulangkan ke tanah air.

"Mereka betul-betul tertekan, seluruh penumpang dari berbagai kewarganegaraan dievakuasi. Indonesia saja belum ada kepastiannya," ujar HNW di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

HNW pun meminta ke Pemerintah agar tidak menggunakan kapal dalam mengevakuasi WNI ke Indonesia, tetapi baiknya menyewa pesawat seperti saat mengevakuasi WNI di Wuhan, China ke Natuna.

Baca: Dinkes Temukan Lokasi Menginap Pria Jepang yang Positif Virus Corona Seusai Berlibur di Bali

"Kalau pakai waktunya sekitar satu minggu sampai dua minggu (sampai Indonesia), itu sangat mungkin terjadi yang tidak terkena malah terpapar virus corona," ujar HNW.

"Jadi menurut saya kewajiban negara menyelamatkan warga negaranya. Toh mereka juga mau diselamatkan, sebagaimana pemerintah menyelamatkan WNI di Wuhan," sambung HNW.

Seperti diketahui, sembilan orang warga negara Indonesia (WNI) terjangkit virus corona (Covid-19) di Jepang. Kesembilan WNI itu merupakan kru kapal pesiar Diamond Princess yang bersandar di Yokohama, Jepang

Baca: Beragam Profesi di Jepang Terinfeksi Virus Corona, Mulai Dokter, Sopir Taksi Hingga Pramugari

Namun, sekitar 69 WNI yang belum dinyatakan positif masih berada di kapal tersebut. Seperti dilansir dari media Australia, ABC, kru kapal asal Indonesia di Diamond Princess telah menyampaikan pesan agar segera dievakuasi dari kapal pesiar, yang lebih dari 600 penumpangnya terjangkit virus corona.

Para kru kapal ini meminta kepada Presiden Joko Widodo, melalui video berdurasi satu menit delapan detik. Mereka meminta pemerintah untuk segera memulangkan mereka dari kapal Diamond Princess.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved