Banjir di Jakarta

Romo Benny: Menyelesaikan Banjir Jakarta Dibutuhkan Pemimpin yang Rendah Hati dan Mau Koordinasi

Banjir yang kerap melanda ibu kota Jakarta menurut Budayawan Romo Benny Susetyo harus menjadi refleksi tata kelola keadaban alam.

Romo Benny: Menyelesaikan Banjir Jakarta Dibutuhkan Pemimpin yang Rendah Hati dan Mau Koordinasi
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Romo Benny Susetyo. 

‎‎Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Banjir yang kerap melanda ibu kota Jakarta menurut Budayawan Romo Benny Susetyo harus menjadi refleksi tata kelola keadaban alam.

"Dalam hal ini pemimpin daerah punya tanggung jawab moral untuk mencari solusi terbaik bagi rakyatnya. Menyelesaikan masalah banjir Jakarta membutuhkan pemimpin rendah hati dan mau koordinasi," ucap Romo Benny, Selasa (25/2/2020).

Kondisi saat ini dipandang Romo Benny sebagai waktu yang tepat seorang pemimpin menunjukkan pathos yakni merasakan derita rakyat kebanjiran dan beban hidup berat.

Baca: Dampak Banjir, Bisnis Logistik di Jakarta Merugi

"Ini harus diikuti dengan kemauan untuk menyelesaikan masalah banjir yang mendesak dari pada menggunakan anggaran triliunan untuk balap formula," katanya.

Pemimpin yang punya pathos, kata Romo Benny, akan mengedepankan kepentingan rakyat karena hukum tertinggi ialah mendahulukan kepentingan rakyat bukan kepentingan yang lain.

Disamping itu, kepatuhan suara hati menjadi pilihan utama dalam mengambil keputusan.

Romo Benny menambahkan bahwa moralitas pejabat di uji ketika‎ memiliki jiwa Satria yaknii mau bertanggung jawab menyelesaikan masalah dengan membangun sinergi dengan kementerian terkait dan kepala daerah tetangga.

Baca: Yunarto Wijaya Unggah Foto Naik Perahu Karet saat Banjir, Kaus Istrinya Jadi Sorotan, Sindir Anies?

Seperti diketahui sejumlah wilayah Jakarta kembali terendam banjir, Selasa (25/2/2020) pagi setelah hujan mengguyur sejak Senin (24/2/2020) malam.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan informasi yang diterimanya, lebih dari 200 RW di ibu kota terkena dampak banjir.

Baca: Kediaman Tina Toon di Kelapa Gading Banjir Lagi

Halaman
1234
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved