Ventje Rumangkang Meninggal Dunia

Ventje Rumangkang di Mata Koleganya: Pribadi yang Visioner dan Inklusif

Mendiang Ventje Rumangkang dikenal sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat (FKPD-PD).

Ventje Rumangkang di Mata Koleganya: Pribadi yang Visioner dan Inklusif
TribunnewsBogor.com/Yudhi Maulana Aditama
Ventje Rumangkang 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar meninggalnya salah satu tokoh utama pendiri Partai Demokrat Ventje Rumangkang, pada Senin pagi,  24 Februari 2020 mengejutkan banyak pihak. Begitu juga bagi koleganya yang pernah ikut berkiprah di Partai Demokrat di awal pendiriannya, HM Darmizal.

Darmizal menyatakan, almarhum Ventje Rumangkang merupakan sosok yang visioner. "Mata dan telingganya tajam melihat calon pemimpin masa depan," ujarnya.

Pada era tahun 2000 an, sebelum yang lain banyak bicara, Ventje sudah berpikir tentang perlunya memunculkan pemimpin alternatif untuk masa depan bangsa. 

Baca: BREAKING NEWS: Pendiri Partai Demokrat Ventje Rumangkang Tutup Usia

"Pikiran dan pandangan beliau yang jauh kedepan tersebut dijawab melalui pembuktian, yaitu berjuangnya Ventje Rumangkang bersama tokoh-tokoh terpandang saat itu, seperti Prof. Subur Budhisantoso, Ahmad Yani Wahid, Prof Irsan Tanjung, Max Sopacua, Hengcky Luntungan dan lain lain untuk mendirikan partai," kata Darmizal dalam keterangan pers tertulis, Selasa, 25 Februari 2020.

Pria yang kini menjadi Ketua umum Relawan Jokowi (ReJO) ini menyatakan, cita-cita Ventje dan para sahabatnya sangat luar biasa. Berjumlah 99 orang tercapai dengan baik dan berdirilah partai Demokrat. 

Kemudian, lanjut Darmizal, atas kepiawaiannya pula partai Demokrat bisa menjadi partai peserta Pemilu untuk pertama kali pada tahun 2004. Dimana SBY terpilih menjadi Presiden. 

HM Darmizal423
HM Darmizal

"Terpilihnya SBY menjadi Presiden RI yang diusung oleh partaipemula di k ancah politik nasional sungguh menjadi fenomenal. Itu bisa dicapai berkat  kepiawaian Pak Ventje Rumangkang dan kawan-kawannya," ujar Darmizal.

"Rasanya sulit lahir pemimpin baru pada tahun 2004 dengan SBY sebagai Presiden tanpa partai Demokrat," imbuhnya.

"Kami para sahabat, tentu sangat kehilangan atas berpulangnya Pak Ventje Rumangkang. Tokoh pemula, pendiri dan pemersatu Partai Demokrat. Saya kira Partai Demokrat akan sulit mendapatkan tokoh politik yang visioner, inklusif, humanis dan nasionalismenya yang tinggi seperti beliau," lanjutnya.

"Semoga beliau husnul khotimah, diterima Allah SWT segala amal ibadahnya dan ditempatkan pada sisi- Nya yang paling mulia. Serta keluarga diberikan ketabahan iman," kata Darmizal.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved