Pemindahan Ibu Kota Negara

Luhut Bertemu Ivanka Trump Bahas Pemindahan Ibu Kota RI

Khusus untuk gedung pemerintahan, seluruh pembangunannya akan dilakukan oleh pemerintah melalui alokasi anggaran yang dianggarkan pada APBN.

Biro Pers Setpres RI
Presiden Joko Widodo sempat berbicang dengan Penasehat Gedung Putih Ivanka Trump disela-sela menghadiri KTT G20 hari kedua di Osaka Jepang, Sabtu (29/6/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengklaim, konsep ibu kota baru yang ingin dikembangkan Presiden Joko Widodo disebut banyak dilirik dunia internasional.

Bahkan, tak terkecuali oleh putri Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, Ivanka Trump.

"Sepuluh hari yang lalu saya ke White House, saya ketemu Ivanka secara terpisah, mereka sangat tertarik dengan konsep Presiden Jokowi tentang ibu kota Indonesia," kata Luhut saat Dialog Indonesia bertajuk Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Ia pun berharap, ketika nanti Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Donald Trump, persoalan pengembangan ibu kota baru akan menjadi salah satu materi yang akan dibahas.

Baca: Virus Corona Meluas, Singapore Airlines-Silk Air Tidak Terbangi Beberapa Kota di Indonesia

Luhut menambahkan, nantinya ada enam klaster utama yang ingin dibangun oleh pemerintah, yaitu gedung pemerintahan, entertainment, edukasi, research and development, kesehatan, dan pusat finansial.

Khusus untuk gedung pemerintahan, seluruh pembangunannya akan dilakukan oleh pemerintah melalui alokasi anggaran yang dianggarkan pada APBN.

Sedangkan, lima klaster lain akan dibangun melalui kerjasama dengan sektor swasta.

"Sudah ada 30 perusahaan besar yang ingin partisipasi di sana," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Sebut Konsep Jokowi soal Ibu Kota Baru Disukai Ivanka Trump"

Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved