KTT ASEAN Ditunda

Dana Sewa Pesawat Boeing 777-300ER untuk Presiden Jokowi Tak Perlu Dikembalikan

Dana penyewaan pesawat Boeing 777-300ER untuk keberangkatan Presiden Jokowi ke acara KTT ASEAN tak perlu dikembalikan meski acara tersebut ditunda.

medsos
pesawat kepresidenan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dana penyewaan pesawat Boeing 777-300ER untuk keberangkatan Presiden Joko Widodo ke acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Amerika Serikat di Las Vegas, Amerika Serikat, tak perlu dikembalikan meski acara tersebut ditunda pemerintah AS.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian Komunikasi Politik Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian saat dikonfirmasi, Sabtu (29/2/2020) mengatakan, pesawat yang telanjur disewa tetap bisa digunakan setelah pemerintah AS menentukan jadwal terbaru acara itu.

"Ini kan hanya penundaan. Mengenai pesawat tentu saja, ini kan pesawat yang disewa bisa saja dipakai kapan saja. Ketika memang waktu tempat yang definitif sudah ditetapkan oleh pemerintah Amerika Serikat," kata Donny.

Donny juga menilai, uang sewa yang dibayarkan tak akan sia-sia karena Garuda merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara.

Baca: Jadwal Proliga 2020 Seri Gresik, Minggu 1 Maret, Pukul 15.00 WIB di iNews TV: JPE vs Jakarta BNI 46

Baca: Perempuan Asal Korsel yang Tewas Gantung Diri di Kamar Hotel di Solo Dinyatakan Negatif Virus Corona

"Ya ini kan maskapai milik negara, Garuda. Jadi, sebenarnya tidak ada yang harus dipikirkan mengenai soal uang sewa (untuk dikembalikan,-red). Tentu saja ada uang sewa yang dibayarkan, tapi kalau hanya ditunda, tentu nanti toh akan dipakai juga," ucap Donny.

Ia menegaskan kontrak penyewaan pesawat milik Garuda tetap berlaku.

Pesawat tersebut bisa dipakai ketika ada diputuskan waktu pengganti pelaksanaan KTT ASEAN-AS.

"Tinggal tunggu waktu pelaksanaan saja. Jadi tidak dibatalkan, hanya ditunda mengingat situasi kesehatan global saat ini," kata dia.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah mengaku, pihaknya telah mendapat konfirmasi dari Amerika Serikat soal penundaan acara itu pada Jumat malam lalu.

"Ibu Menlu sudah dilaporkan oleh Wakil Dubes RI di Washington DC, informasi resmi yang disampaikan pihak AS atas penundaan KTT tersebut," kata Teuku.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, Minggu 1 Maret 2020: Virgo Emosional sedangkan Scorpio Wujudkan Impian

Baca: Cerita Wanita Korea yang Dua Kali Terinfeksi Virus Corona

Halaman
1234
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved