Breaking News:

Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah

Masih Dipending Saudi, Kemenag Minta Penyelenggara Umrah Stop Peserta Baru

Jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya pada 27 Februari 2020 saat pemberlakuan aturan mencapai 2.393 orang.

https://www.instagram.com/mizzasriciblo/
Ilustrasi - Jemaah umrah asal Indonesia di Arab Saudi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama mengimbau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk sementara tidak menerima pendaftaran jemaah umrah sampai ada kepastian.

Diketahui, Pemerintah Saudi mengeluarkan kebijakan penangguhan sementara akses masuk ke negaranya, baik untuk umrah maupun ziarah.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar beralasan imbauan itu untuk menghindari potensi kerugian yang dialami jemaah dan PPIU akibat tertundanya keberangkatan ke Arab Saudi.

“Kami mengimbau kepada PPIU agar pendaftaran bagi jemaah umrah sementara dihentikan terlebih dahulu sampai adanya kepastian keberangkatan," ujarnya.

Hal ini menurutnya, dilakukan untuk meminimalisir dampak kerugian lebih besar. 

Baca: BNPB Minta Warga Waspadai Berita Hoaks Seputar Virus Corona

"Jangan sampai jemaah menyetorkan dananya untuk berangkat umrah, apalagi untuk paket pemberangkatan dalam waktu dekat, namun keberangkatannya tidak pasti," jelas Nizar, di Jakarta, Minggu (1/3/2020).  

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim mengatakan, jika pendaftaran tetap dibuka, jemaah tentu tidak bisa langsung berangkat, lantaran PPIU akan mendahulukan jemaah yang sudah terdaftar, namun tertunda keberangkatannya.

Baca: Ada Ruang Karaoke untuk yang WNI yang Dikarantina di Pulau Sebaru Kecil

Data Kementerian Agama, jemaah yang tertunda keberangkatannya pada 27 Februari 2020 saat pemberlakuan aturan mencapai 2.393 orang.

Mereka berasal dari 75 PPIU dengan rencana awal akan diterbangkan oleh 8 maskapai. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring belum dibukanya masa penangguhan.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved