Breaking News:

Virus Corona

Biaya Perawatan Pasien Virus Corona Ditanggung Negara

Kementerian Kesehatan menyatakan, segala bentuk pembiayaan perawatan pasien dan penanggulangan wabah virus corona ditanggung oleh negara.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan keterangan terkait WNI yang terinfeksi virus Covid-19 di RSPI Sulianto Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020). Dua WNI dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19 atau virus corona pasca berkontak langsung dengan warga negara Jepang yang terinfeksi Covid-19 dan saat ini telah diisolasi di RSPI Sulianto Saroso. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyatakan, segala bentuk pembiayaan perawatan pasien dan penanggulangan wabah virus corona ditanggung oleh negara.

Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/ Menkes / 2020 tentang Penetapan Infeksi Novel Coronavirus (Infeksi 2019-nCoV) sebagai Penyakit yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulannya.

Keputusan tersebut ditandatangani oleh Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, di Jakarta, pada tanggal 4 Februari 2020.

"Segala bentuk pembiayaan dalam rangka upaya penanggulangan sebagaimana dimaksud Diktum Kedua dibebankan pada anggaran Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, dan/atau sumber dana lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," ujarnya seperti dikutip dari keputusan menteri itu.

Baca: Total Ada 8 Pasien Yang Dirawat Terkait Virus Corona di Ruang Isolasi RSPI, Dua Orang Positif

Selanjutnya, pembiayaan sebagaimana yang dimaksud Diktum Keempat termasuk untuk biaya perawatan bagi kasus suspek yang dilaporkan sebelum Keputusan Menteri ini mulai berlaku dengan mengacu pada pembiayaan pasien infeksi emerging tertentu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia itu juga memperkuat Permenkes Nomor 59 tahun 2016 tentang Pembebasan Biaya Pasien Penyakit Infeksi Emerging Tertentu.

Dalam Pasal 1 poin (1) disebutkan pembebasan biaya pasien penyakit infeksi emerging tertentu yang meliputi:

Baca: Filter Indonesia Dipertanyakan Setelah Orang Positif Virus Corona Bisa Masuk, DPR: Ini Penyakit Unik

Poliomielitis, penyakit virus ebola, penyakit virus MERS, influensa A (H5N1)/Flu burung, penyakit virus hanta, penyakit virus nipah, demam kuning, demam lassa, demam congo, meningitis, meningokokus, dan penyakit infeksi emerging baru.

(2) Penyakit infeksi emerging baru sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf k ditetapkan oleh Menteri

Pasal 2

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved