Jokowi Dapat Keluhan Biaya Pengiriman Logistik Jakarta-Padang Lebih Mahal dari Jakarta-Shanghai

Selama ini Presiden mengaku masih mendengar mahalnya biaya pengiriman logistik antar daerah.

Kemenhub
program Kontainer Masuk Desa merupakan inovasi dari tol laut 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, (5/3/2020). Rapat tersebut membahas mengenai program tol laut.

Dalam rapat tersebut Presiden mengingatkan kepada jajaran menterinya bahwa tujuan dibangunnya tol laut adalah untuk mengurangi disparitas harga antar kota.

"Baik itu antar-wilayah, antar-pulau, antar-daerah, serta satu lagi memangkas biaya logistik yang mahal," kata Presiden.

Selama ini Presiden mengaku masih mendengar mahalnya biaya pengiriman logistik antar daerah.

Baca: KKP Dorong Percepatan Penetapan Zonasi Laut

Misalnya pengiriman logistik dari Jakarta ke sejumlah wilayah mulai dari Medan, Padang, Banjarmasin, Makasar. Padahal dibangunnya tol laut salah satunya untuk menekan biaya pengiriman logistik.

"Jauh lebih mahal dibandingkan biaya pengiriman dari Jakarta ke Singapura, Jakarta ke Hongkong, Jakarta ke Bangkok, dan Jakarta ke Shanghai," katanya.

Menurut Presiden hal tersebut harus dibenahi. Sehingga tujuan dibangunnya tol laut dapat tercapai.

Baca: Kondisi 1 Pasien di Ruang Isolasi Kurang Baik, Begini Penjelasan Dirut RSPI Sulianti Saroso

"Begitu pula biaya pengiriman dari Surabaya ke Makassar, jauh lebih tinggi dibandingkan dari Surabaya ke Singapura. ini yang harus dibenahi, kita benahi bersama sehingga tujuan awal dari tol laut untuk menekan disparitas harga antar-wilayah akan bisa kita capai," katanya.

Dikutip dari Kompas.com Tol Laut merupakan upaya pemerintah dalam menegaskan Indonesia sebagai bangsa maritim dengan membangun transportasi laut sehingga sistem logistik antar pulau dan di dalam kepulauan tersebut dapat terhubung.

Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara.

Dengan adanya koneksi antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat akan mempersatukan Indonesia, serta terciptanya kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved